Jakarta (ANTARA) - Tempat wisata yang menawarkan keindahan akuarium dalam ruangan, Jakarta Aquarium & Safari, memiliki cara unik untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, yakni dengan mengadakan lomba tarik tambang di dalam air yang diikuti oleh para penyelam dari berbagai daerah.

"Kita mengadopsi budaya kearifan lokal yang senantiasa selalu ditampilkan di acara 17 Agustus di Indonesia yaitu tarik tambang," kata Vice President Media dan Event Taman Safari Indonesia Alexander Zulkarnain saat ditemui di Jakarta Aquarium & Safari, Kamis.

Alexander menjelaskan, penyelenggaraan tarik tambang dalam air di Jakarta Aquarium & Safari bertujuan untuk menunjukkan semangat gotong royong dan keguyuban dalam mencapai satu tujuan, seperti halnya masyarakat Indonesia yang bersama-sama memajukan negeri selama 78 tahun merdeka.

Baca juga: Pengunjung Monas suguhkan keragaman budaya saat perayaan HUT RI

Peserta tarik tambang terdiri dari empat penyelam yang terbagi dalam dua tim. Keempat penyelam itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia yakni Pulau Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi.

Menurut Alexander, keempat penyelam itu sengaja dipilih dari berbagai daerah di Indonesia untuk merefleksikan semangat persatuan bangsa Indonesia meskipun berbeda latar belakang.

Sementara itu, yang bertindak sebagai wasit adalah penyelam wanita berkostum putri duyung.

Selain tarik tambang di dalam air, Jakarta Aquarium & Safari juga melakukan pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 25 meter.

Guna memastikan kenyamanan dan kesejahteraan para satwa di dalam akuarium ketika melakukan lomba tarik tambang dan pengibaran bendera dalam air, Alexander mengatakan para penyelam melakukan persiapan dan latihan selama tiga pekan.

"Sejak kita berembuk apa yang akan ditampilkan di ulang tahun Indonesia ke-78 ini, kita selama tiga pekan itu melakukan latihan, penyesuaian. Jadi walaupun kita melakukan pengibaran bendera dan tarik tambang, ikan-ikannya tetap nyaman dan mereka bisa beraktivitas seperti biasa," ujar Alexander.

Pada HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023, Jakarta Aquarium & Safari mulai menerima pengunjung pada pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB. Pengunjung dapat menyaksikan perlombaan tarik tambang di dalam air pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Kado HUT RI, G-Pluck bertolak ke UK-Eropa kibarkan bendera Indonesia

Baca juga: Ibu Negara kenakan baju adat Bali saat hadiri HUT RI

Baca juga: Presiden optimistis Istana di IKN siap gelar Upacara HUT ke-79 RI

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023