Banda Aceh (ANTARA) - Para mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut perairan Ahmad Rhang Manyang, Masjid Raya Aceh Besar dalam rangka HUT ke-78 RI di daerah itu.

"Meski masih banyak kekurangan, tapi sejauh ini tim sudah melakukan upaya yang terbaik untuk ikut memeriahkan HUT kemerdekaan ke 78 RI," kata Ketua tim pelaksana kegiatan itu Dika Andianto di Aceh Besar, Provinsi Aceh, Kamis.

Pelaksana kegiatan itu, terutama kalangan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ocean Diving Club (ODC) Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) USK.

Pengibaran bendera tersebut melibatkan 17 peserta yang terdiri atas anggota ODC, pembina ODC, dan anggota klub selam Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh. Dikibarkan di kedalaman 15-17 meter.

Baca juga: HUT RI, Lombok Tengah kibarkan bendera di pelawangan Gunung Rinjani

Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan aksi beach clean up dan underwater clean up yaitu mengumpulkan sampah plastik di Pantai Ahmad Rhang Manyang dan di bawah air, khususnya area padang lamun dan terumbu karang.

Pembantu Wakil Dekan III FKP USK Edi Miswar menyampaikan bahwa klub selam ODC setiap tahun melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dalam rangka memeriahkan HUT RI.

"Saya berpesan kepada peserta untuk selalu mengutamakan kesehatan serta keselamatan, dan selama kegiatan berlangsung agar tetap menjaga nama baik kampus," kata dia.

Pembina ODC Maria Ulfah juga berpesan kepada tim pelaksana maupun pengibar bendera untuk tetap memprioritaskan keselamatan di lapangan.

Ia menuturkan pengibaran bendera di bawah laut ini sebagai tujuan membangkitkan semangat perjuangan kemerdekaan, khususnya mahasiswa.

"Kami berharap agar kegiatan ini dapat terus didukung untuk masa yang akan datang guna memeriahkan hari kemerdekaan," kata dia.

Baca juga: Tarik tambang dalam air, cara unik rayakan HUT ke-78 RI
Baca juga: Pengunjung Monas suguhkan keragaman budaya saat perayaan HUT RI
Baca juga: Pemkot Makassar angkat tema Bunga Rampai di HUT ke-78 RI

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023