Tanjungpinang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sukses mengibarkan sang merah putih pada upacara HUT ke-78 RI tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Natuna.

Menteri Tito menyebut pengibaran bendera merah putih menjadi detik-detik paling kritis dan mendebarkan dalam setiap upacara peringatan HUT RI.

"Tadi, saya lihat Paskibraka tingkat Provinsi Kepri di Natuna hampir sempurna dan tak kalah dari istana negara, Jakarta," kata Mendagri Tito Karnavian usai menjadi  Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Pantai Piwang, Ranai, Natuna, Kamis (17/8).

Baca juga: Perum LKBN ANTARA pasang tugu merah putih di dasar laut Natuna

Mendagri juga menyebut upacara peringatan HUT Ke-78 RI tingkat Provinsi Kepri tahun ini menjadi istimewa karena dilaksanakan di Natuna yang merupakan salah satu kabupaten terdepan di Indonesia sebagai gerbang utara NKRI.

Ia menekankan bahwa pelaksanaan upacara peringatan HUT RI hendaknya tidak dimaknai sebagai kegiatan ritual dan seremonial semata.

"Saat seperti ini telah berulang kali dilaksanakan selama 78 tahun yang lalu begitu pula dengan semangat dan perjuangannya yang masih terus membara hingga saat ini pula. Peristiwa tersebut harus dihayati, sebagai peringatan atas peristiwa penting, yang merupakan awal mula berdirinya negara Indonesia," ujar Tito.

Baca juga: Natuna kibarkan merah putih di bawah laut untuk korban KRI Nanggala

Semangat perjuangan, kata dia, hendaknya ditanamkan kepada generasi muda agar dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Apalagi letak posisi Natuna merupakan posisi yang sangat strategis berada di perbatasan terluar NKRI, sehingga generasi muda harus mengambil peluang tersebut.

Baca juga: Pemkab Natuna sediakan lahan reloksi bagi korban tanah longsor

Tito juga mengharapkan Natuna sebagai daerah terdepan, terluar, dan terpencilnya Indonesia, harus menjadi prioritas di daerah perbatasan untuk perkembangannya.

"Natuna adalah daerah yang geopolitik dan geodefense-nya sangat tinggi, sehingga menjadi prioritas bagi Presiden RI untuk perhatian khusus dalam penanganannya. Harapan kita Natuna menjadi daerah yang jauh lebih baik lagi dengan adanya daerah chocke point dan penanganan yang baik nantinya," ujar Tito.

Baca juga: Sekjen Kemendagri optimistis PLBN Natuna datangkan wisman Malaysia

Sementara, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengapresiasi kehadiran Mendagri Tito Karnavian sebagai Inspektur Upacara HUT ke-78 RI di Natuna.

Menurutnya kedatangan mantan Kapolri itu menjadi amunisi bagi pemerintah daerah dan warga dalam menggelorakan semangat membangun Natuna ke depan.

"Kami sempat ragu Pak Tito tak bisa hadir ke Natuna. Tapi, Alhamdulillah beliau hari ini hadir di sini untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-78 RI di pulau terluar Indonesia ini," ucap Ansar.

Baca juga: Akses jalan di Pulau Serasan mulai terbuka pasca-longsor
Baca juga: Lanud RSA tabur garam di langit lokasi longsor Pulau Serasan-Natuna

Pewarta: Ogen
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023