Kabupaten Bogor (ANTARA) - Taman Safari Indonesia (TSI) yang berlokasi di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menekankan untuk komitmen menjadi lembaga konservasi yang menanamkan nilai-nilai patriotisme.

"Kita harus belajar dan mengingat sejarah bahwa keberadaan Taman Safari Indonesia sampai hari ini tidak lepas dari perjuangan dan dukungan dari seluruh masyarakat," kata Direktur TSI Jansen Manansang saat memimpin upacara pengibaran bendera merah putih Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di TSI Bogor, Kamis.

Ia menjelaskan, Taman Safari Indonesia didirikan oleh Hadi Manansang dan istrinya Tuti Manansang saat Indonesia berperang merebut kemerdekaan.

"TSI dilahirkan oleh Hadi dan Ibu Tuti yang merintis lembaga konservasi ini dari nol. Ini sejarah dan jangan sampai dilupakan. Kemudian, TSI tumbuh dan berkembang dengan pesat karena empat hal; kokoh, gigih, konsisten dan komitmen,” kata Jansens.

Sementara, General Manager (GM) Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan mengungkapkan upacara HUT RI menjadi agenda rutin manajemen Taman Safari Bogor yang diikuti oleh seluruh pegawai.

“Tujuannya adalah untuk mengenang sejarah perjuangan pahlawan yang gugur dalam tugas. Nilai-nilai perjuangan pahlawan dan patriotisme itulah yang melahirkan semangat bagi seluruh manajemen dan pegawai dalam memberikan pelayanan prima dan mensyukuri karunia kemerdekaan yang kini didapat,” paparnya.

Emeraldo juga mengatakan, untuk memeriahkan HUT RI ke-78, Taman Safari Bogor juga menyiapkan sejumlah event dan promo menarik.

“Selain promo Agustus 2023 bertema diskon harga untuk nama Agus, Taman Safari Bogor juga menggelar Parade Budaya Spesial HUT Ri ke-78 dengan menyuguhkan pawai budaya dengan melibatkan sedikitnya 150 peserta. Ini menarik sekali karena berbagai budaya dari seluruh daerah akan kami tampilkan,” tuturnya.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023