Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan pelaksanaan pameran seni ArtMoments Jakarta 2023 merupakan bentuk dukungan terhadap ekosistem ekonomi kreatif.

"(ArtMoments Jakarta) sangat mendukung ekosistem ekonomi kreatif kita," kata Sandiaga dalam siaran resmi yang diterima Kamis.

Sandiaga menyampaikan apresiasi tersebut saat kegiatan "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/8). Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan bahwa ArtMoments merupakan salah satu ajang pameran seni terbesar dan paling menarik di Indonesia.

Baca juga: Rayakan HUT RI ke-78, Ganara Art bersama TMII hadirkan taman seni

Oleh karena itu, Kemenparekraf mendukung pelaksanaan pameran ArtMoments Jakarta 2023 sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif.

Selain itu, kegiatan itu juga didukung penuh oleh Kemenparekraf karena kesenian merupakan salah satu dari 17 subsektor ekonomi kreatif.

Hadir dengan tajuk "EMBRACE MOMENTS: Continually Art", pameran itu akan dilaksanakan di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan dari 18 hingga 20 Agustus dengan menghadirkan karya-karya dari 25 galeri yang berasal dari 8 negara.

Baca juga: Taman Budaya Provinsi Maluku gelar pameran karya seni

Sandiaga menyebutkan nilai transaksi dalam perhelatan pameran tahun lalu mencapai Rp 49 miliar dan diharapkan tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, transaksinya (mencapai) Rp 49 miliar dan kita harapkan nanti nilai transaksinya akan spektakuler" kata Sandiaga.

Pameran ArtMoments tahun ini, yang menjadi tahun penyelenggaraan keenam, menargetkan total transaksi sebesar Rp 60 miliar serta kedatangan 23 ribu pengunjung.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menyampaikan ajang ArtMoments Jakarta 2023 bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan untuk menyaksikan koleksi karya yang ditampilkan dalam pameran seni itu.

"Kami menyebarluaskan event ini di owned media kami sehingga diharapkan lebih banyak pengunjung yang datang di ArtMoments," ujar Made.

Baca juga: Kedubes empat negara resmikan pameran seni Ukraina di Jakarta

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023