Tali tiang bendera yang putus selanjutnya dipasang kembali oleh petugas pasukan pengibar bendera merah putih. Upacara pengibaran bendera merah putih pun dapat dilanjutkan lagi
Tangerang (ANTARA) - Seorang teknisi sound system nekat memanjat tiang bendera, demi menyelamatkan merah putih agar tetap berkibar saat pelaksanaan upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI  di Lapangan Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Kejadian pada upacara Hari Kemerdekaan RI itu juga membuat warga setempat langsung mengabadikan aksi heroik seorang teknisi sound dengan memakai ponsel. Sehingga, hal tersebut viral di media sosial (medsos).

Seperti terlihat dalam cuplikan video di akun medsos @Tangsel Life yang terpantau ANTARA di Tangerang, Kamis, memperlihatkan seorang teknisi itu memanjat tiang bendera tanpa dilengkapi peralatan khusus.

Baca juga: HUT RI, 10.265 warga binaan di Jakarta dapatkan remisi

Hal itu dilakukan seorang teknisi sound yang diketahui bernama Zani Abdillah (22) itu ketika tali yang mengikat bendera merah putih putus saat akan dibentangkan. Secara refleks, dirinya berlari dan bergegas menaiki tiang bendera.

Dengan terjadinya peristiwa itu pun merubah suasana khidmat menjadi menggegerkan dan atas aksinya tersebut sontak mendapat tepuk tangan dari para peserta upacara.

Tali tiang bendera yang putus selanjutnya dipasang kembali oleh petugas pasukan pengibar bendera merah putih. Upacara pengibaran bendera merah putih pun dapat dilanjutkan lagi.

Baca juga: Cak Kartolo meraih penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas

Sementara itu, Zani mengaku bahwa aksinya itu merupakan inisiatifnya sendiri karena melihat pengibaran bendera merah putih yang saat akan naik ke atas tiang tiba-tiba berhenti lantaran tali copot.

"Saya melakukan hal itu reflek saja, karena lihat tali bendera putus," akunya.

Ia juga mengungkapkan, aksi dilakukannya bukan semata-mata untuk dipuji oleh orang lainnya. Namun, sebagai melancarkan acara dalam mengenang para pahlawan yang telah gugur di 'Medan Perang' berjuang melawan penjajahan hingga mencapai kemerdekaan.

"Alhamdulillah upacara lancar. Bendera udah naik," ujar dia.

Baca juga: DPRD Bogor ajak driver ojol dengarkan pidato kenegaraan Jokowi

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023