Karena ini baru pertama kali kami lakukan sehingga untuk waktunya cuma sehari saja
Jayapura (ANTARA) -
Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua menggelar pasar murah di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, Kota Jayapura, Papua dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa di Jayapura, Kamis, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kehadiran Negara bagi seluruh warga hingga ke perbatasan.
 
"Pasar murah dalam rangka HUT Ke-78 Republik Indonesia ini memberikan nuansa baru di mana pemerintah betul-betul mencintai rakyatnya terutama di wilayah perbatasan," katanya.
 
Menurut Samuel, penyelenggaraan pasar murah ini untuk menyediakan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat khususnya di wilayah perbatasan.
 
"Selain pasar murah, ada juga pembagian 100 Paket Pangan dari Badan Pangan Nasional diserahkan secara simbolis oleh Deputi Infrastruktur Kementerian Dalam Negeri untuk masyarakat yang tinggal di sekitar PLBN RI-PNG Skouw," ujarnya.

Baca juga: OJK Papua: Hingga Juni perkembangan pasar modal tumbuh 25,89 persen

Baca juga: Gubernur Papua Pegunungan tinjau bahan pokok di Pasar Jibama
 
Dia menjelaskan untuk pasar murah ini merupakan kolaborasi bersama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bulog dan instansi terkait lainnya yang menghadirkan beras SPHP dengan harga Rp10 ribu per kilogram, minyak goreng Rp14 ribu per liter, gula Rp15 ribu per kilogram.

"Terlihat warga antusias sekali dengan adanya pasar murah ini karena harga yang diberikan ini di bawah harga pasar," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pada pasar murah ini bukan hanya masyarakat sekitar perbatasan saja yang datang namun juga saudara-saudara dari PNG.
 
"Karena ini baru pertama kali kami lakukan sehingga untuk waktunya cuma sehari saja, namun ke depan tidak menutup kemungkinan akan ada lagi pasar murah di wilayah perbatasan," ujarnya lagi.

Baca juga: Harga daging ayam pasar tradisional Jayapura naik Rp2.500 per Kg

Baca juga: Pemprov Papua minta pasar modern utamakan menjual produk lokal
 
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023