Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo meninjau harga bahan pokok di Pasar Jibama di Kota Wamena dan Mall Yuda Wamena guna memastikan harga barang tetap stabil dan dijangkau oleh masyarakat di daerah itu.

"Setelah dilakukan pemantauan dipastikan hingga kini harga bahan pokok masih normal sehingga diharapkan agar bisa dipertahankan," katanya dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu.

Menurut Kondomo, Kabupaten Jayawijaya merupakan salah satu daerah dengan lumbung pangan komoditas sayuran yang

Sehingga diharapkan agar dinas terkait bisa melakukan perencanaan agar ke depan bisa diproduksi lebih besar dan di ekspor ke luar daerah.

"Program yang kami sudah lakukan yaitu membuka lahan untuk menanam tanaman unggulan bisa diharapkan dapat dikelola dengan baik sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan Pemprov Papua Pegunungan juga akan berupaya untuk memperbaiki jalan Trans Papua jalur Jayapura-Wamena dan membangun dermaga di perbatasan Kabupaten Nduga dan Asmat serta membangun jalan Wamena-Kabupaten Yahukimo.

"Hal tersebut bertujuan agar harga barang di Papua Pegunungan tetap stabil dan masyarakat bisa beraktivitas dengan baik," katanya lagi.

Manajer Mall Yuda Wamena mengatakan pihaknya berharap agar Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bisa memperbaiki akses jalan trans Papua jalur Jayapura- Wamena.

"Karena itu sangat membantu pedagang mendistribusikan barang tetapi juga harga bahan pokok di Wamena tetap stabil," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023