Jakarta (ANTARA) - Persatuan Betawi menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI di Kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Barat dengan berbagai acara.

Acara yang dihadirkan oleh Persatuan Betawi tersebut dilakukan di sebuah panggung di sisi sebelah timur Taman Fatahillah.

"Kegiatan ini bertema 'Semarak Kemerdekaan'. Kita bekerjasama dengan pengurus Kota Tua yang memfasilitasi kegiatan ini," kata Ketua Umum Persatuan Betawi, Ipenk Iwan saat ditemui di lokasi, Kamis.

Ia menyebutkan ada banyak acara yang disiapkan untuk meramaikan perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kota Tua.

Baca juga: Ribuan pengunjung padati Kota Tua

"Ada peragaan fesyen, Abang None juga ada, penampilan tradisi Palang Pintu serta juga edukasi tentang pentingnya kelestarian lingkungan kepada anak-anak melalui perlombaan gambar," kata Ipenk.

Selain itu, ada juga penampilan musik dari Persatuan Betawi dan komunitas-komunitas yang berada di dalam kawasan wisata Kota Tua, seperti komunitas musik, paguyuban sepeda onthel, komunitas seni karakter dan berbagai komunitas lain.

Ipenk menyebutkan, ada 300 anggota Persatuan Betawi yang hadir dalam acara tersebut. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

"Selanjutnya (di atas pukul 15.00 WIB) pihak Kota Tua yang mengisi di sini (panggung)," kata dia.

Baca juga: Heru berharap Kota Tua jadi ikon Jakarta ke panggung internasional

Data menyebutkan hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 4.995 pengunjung terdiri dari 4.901 wisatawan domestik dan 94 wisatawan mancanegara.

Hingga pukul 17.00 WIB, pengunjung masih memadati area tengah atau alun-alun Kota Tua serta area sekitarnya.

Sebagian besar pengunjung berlalu-lalang di area itu dan sebagian lagi duduk di pinggir alun-alun sambil menikmati makanan dan minuman.

Selain itu, sebagian wisatawan juga menikmati wahana-wahana hiburan lain seperti manusia emas, noni Belanda, tentara, manusia terbang, sepeda ontel dan wahana hiburan lainnya.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023