Dana abadi Unhas dihimpun dari donasi para alumni, masyarakat dan simpatisan yang disimpan selamanya dan hasil investasinya digunakan mendukung Tridarma Perguruan Tinggi.
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyerahkan dana bantuan pendidikan untuk 120 mahasiswa yang bersumber dari dana abadi perguruan tinggi.

Penyerahan bantuan oleh Rektor Unhas Prof D lr Ir Jamaluddin Jompa, MSc disela-sela upacara peringatan 17 Agustus di Lapangan UKM, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis.

Prof JJ mengatakan, pemanfaatan dana abadi disalurkan untuk tujuan seperti pemberian beasiswa, penguatan inovasi dan kegiatan pengabdian masyarakat.

“Untuk penyaluran dana abadi untuk pertama kalinya ini akan diberikan kepada 120 mahasiswa yang besarannya sesuai dengan proporsi dana abadi dari fakultas masing-masing,” jelas Prof JJ.

Dana abadi Unhas merupakan dana investasi yang dihimpun dari donasi para alumni, masyarakat dan simpatisan Universitas Hasanuddin. Dimana dana disimpan selamanya yang hasil investasinya digunakan dalam upaya mendukung Tridarma Perguruan Tinggi.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi Unhas Prof Dr Farida Patittingi MH mengungkapkan, pemberian beasiswa yang bersumber dari dana abadi kepada mahasiswa berdasarkan beberapa kriteria.

“Kriterianya itu sudah ditetapkan di dalam Keputusan Rektor seperti mahasiswa dengan kelompok UKT 1 dan UKT 2, mahasiswa terdaftar aktif semester 7 (Tujuh) Tahun Ajaran 2023/2024, belum menerima beasiswa dari instansi lain, dan tentu saja harus memiliki prestasi akademik yang baik,” jelas Prof Farida.

Selain itu, bukan penerima beasiswa dari lembaga atau instansi lain, diurutkan berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan jumlah mahasiswa penerima beasiswa berdasarkan proporsional pendapatan dana abadi masing-masing fakultas.

Direktur Hubungan Alumni dan Pengelolaan Dana Abadi Unhas Dr Andi Ahmar SS M.Hum secara terpisah menyampaikan, sejak di launching dana abadi Unhas pada 6 Maret 2022, saat ini jumlah donasi yang telah dihimpun telah mencapai Rp5,09 miliar lebih.

“Dengan adanya penyaluran seperti ini juga semoga dapat kian meningkatkan motivasi alumni dalam meningkatkan dana abadi Unhas,” harap Ahmar.
Baca juga: Pemkab Gowa siapkan beasiswa bidang hukum untuk 10 orang
Baca juga: Lembaga Zakat Lazis Assalam serahkan beasiswa untuk mahasiswa Unhas
Baca juga: Unhas buka pendaftaran beasiswa KIP Kuliah jalur SNBP dan Ketua OSIS


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023