Mari kita bangun ekonomi Indonesia agar dapat memperluas peluang usaha dan lapangan kerja...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak insan pariwisata dan ekonomi kreatif memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia sebagai momentum untuk memperluas peluang usaha dan lapangan kerja.
 
"Mari kita bangun ekonomi Indonesia agar dapat memperluas peluang usaha dan lapangan kerja, semangat kolaborasi dan menggarap seluruh potensi menuju lima besar ekonomi dunia di tahun 2045," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.
 
Sandiaga dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf juga mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memperkuat komitmen pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.
 
Menyinggung kondisi udara di Jakarta yang memburuk akibat polusi, ia mengajak pelaku parekraf agar lantang bersuara dan ikut andil dalam upaya perbaikan udara.
 
Sementara itu, Kemenparekraf memiliki visi pariwisata hijau dan berkelanjutan yang mengedepankan pada pariwisata dan ekonomi kreatif berkualitas dan berkelanjutan.
 
"Kerugian ekonomi karena polusi udara senilai Rp21,5 triliun. Oleh karena itu sejak tahun 2022 penggunaan jejak karbon di sektor pariwisata sudah tepat, memberikan solusi konkret yang berdampak pada lingkungan," ujarnya.
 
Dirinya juga menuturkan, insan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan kolaborasi yang kuat telah membuktikan ketahanan, ketangguhan, dan keberanian yang luar biasa dalam menghadapi krisis pandemi COVID-19 yang menghantam sektor ini dengan begitu keras.
 
"Tidak sekadar menghadapi krisis, tapi juga menjadikannya sebagai peluang untuk bangkit dan berkembang," katanya.

Baca juga: Menparekraf: ArtMoments Jakarta dukung ekosistem ekonomi kreatif
Baca juga: Sandi berharap satgas tata kelola pariwisata nasional dapat terbentuk

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023