Kondisi rumah Ramidjan tampak cukup memprihatinkan karena dinding rumahnya penuh retakan, sedangkan bagian atapnya juga banyak yang berlubang
Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantu memperbaiki rumah salah seorang veteran TNI Angkatan Laut bernama Ramidjan Suhadi (81) pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) tersebut diserahkan langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada Ramidjan yang hanya bisa terbaring di rumahnya di daerah Karangrejo Selatan, Kelurahan Tinjomoyo, Kota Semarang, Kamis.

Kondisi rumah Ramidjan tampak cukup memprihatinkan karena dinding rumahnya penuh retakan, sedangkan bagian atapnya juga banyak yang berlubang.

Baca juga: Puan sebut nama Erick Thohir tetap jadi opsi bakal pendamping Ganjar

“Terima kasih Pak,” kata Ramidjan terbata yang menderita penyakit stroke saat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo duduk di sampingnya.

Meski terbata-bata, Ramidjan masih bersuara lantang saat berusaha berkomunikasi dengan orang nomor satu di Jateng itu.

Bapak tujuh anak itu mengatakan bahwa dirinya merupakan anggota TNI Angkatan Laut yang bertugas sejak 1961-1990.

Dirinya mengaku pernah bertugas di Operasi Dwikora dan Trikora dengan pangkat terakhir sebelum pensiun adalah sersan mayor.

Baca juga: Gubernur Jateng ucapkan terima kasih pada masyarakat pada HUT RI

Ganjar mengungkapkan bahwa dirinya sering berkoordinasi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) terkait dengan para veteran yang butuh perhatian dan bantuan.

“Saya kadang-kadang mencari, tanya pada LVRI siapa lagi yang mesti kami bantu. Sekarang kami bantu untuk perbaikan rumahnya (Radjiman),” ujarnya.

Dalam memberikan bantuan untuk salah seorang anggota veteran ini, Ganjar menggandeng Baznas Jateng untuk memberikan bantuan senilai Rp35juta.

“Mudah-mudahan manfaat untuk beliau di hari tuanya, tapi saya titipkan kepada putra-putrinya agar kemudian berkenan merawat, dan kalau ada sesuatu, kontak pemerintah, kontak kami agar kami bisa bantu. Itulah cara kami menghormati orang-orang pejuang,” katanya.

Baca juga: Ganjar siap lanjutkan kerja besar Presiden Jokowi

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023