Kegiatan ini tentu meningkatkan optimisme agar pariwisata di Kepulauan Seribu semakin berkembang.
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta bertepatan dengan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggelar Festival Kepulauan Seribu untuk menarik wisatawan berkunjung ke wilayah tersebut.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu Sonti Pangaribuan mengatakan festival yang digelar di Plaza Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka itu, selain memeriahkan semarak HUT ke-78 RI juga sebagai daya tarik wisata.

"Kegiatan ini tentu meningkatkan optimisme agar pariwisata di Kepulauan Seribu semakin berkembang,” ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Festival Kepulauan Seribu juga merupakan salah satu kegiatan Festival Ekonomi Kreatif sekaligus salah satu kegiatan unggulan Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu.

Hal itu, katanya pula, dikarenakan penduduk di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu selama ini sangat bergantung dengan sektor ekonomi kreatif, sehingga perlu didorong berbagai acara mendukung kehadiran wisatawan datang berlibur.

Sonti menambahkan pihaknya akan terus mengagendakan berbagai kegiatan di pulau supaya dapat membantu masyarakat setempat meningkatkan taraf perekonomiannya agar bisa bersaing dengan warga Jakarta lainnya.

Salah satunya dikarenakan warga setempat mengandalkan pemasukan dari sektor penginapan yang selama ini disewakan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Oleh karena itu, ujar dia lagi, Festival Kepulauan Seribu diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak pada meningkatnya keterisian penginapan milik warga.

“Ini adalah rangkaian kegiatan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Kami optimis bahwa resort dan penginapan di Kepulauan Seribu dipenuhi wisatawan saat festival berlangsung,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat pulau yang juga pelaku UMKM yang mengandalkan cemilan khas Kepulauan Seribu, juga bisa ikut merasakan dampak positif dari festival tersebut dengan datangnya wisatawan.

Festival Kepulauan Seribu juga diramaikan dengan penampilan sejumlah kelompok musik, seperti SUJAR Band, Nadila Wantari, Later Just Find, Aromania, Mutia Ayu, dan grup band Geisha.
Baca juga: Andi/Rif terkesan dengan keindahan Kepulauan Seribu
Baca juga: Bazar Ramadhan Festival Kepulauan Seribu hadirkan produk UMKM

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023