Jakarta (ANTARA) - Warga antusias menyaksikan kirab bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.
 
Salah satunya, Indah (22) asal Ambon, Maluku, yang rela datang bersama temannya untuk menyaksikan kirab bendera Merah Putih pada Kamis pukul 17.10 WIB.
 
"Tujuan aku datang ke sini mau nonton kirab bersama teman aku," Kata Indah saat ditemui di kawasan Monas.
 
Meskipun tidak bisa melihat secara langsung, namun tidak menghalangi antusias masyarakat untuk tetap menonton melalui video elektronik (videotron).
 
Tidak hanya dari Maluku, masyarakat dari Sulawesi Selatan (Sulsel) juga ada menyempatkan waktunya untuk datang langsung ke Monas.

"Kebetulan saya ke Monas hanya liburan, karena ini pertama kalinya saya ke Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat," ujar Ahmad Yani (19) salah satu warga yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pemprov DKI bahas polusi udara bersama sejumlah kementerian
Baca juga: Duplikat Merah Putih dan Teks Proklamasi RI dikembalikan ke Monas
 
Warga yang hadir di Kawasan Monas tidak hanya menggunakan kendaraan umum seperti ojek, kereta dan bus, tetapi juga menggunakan 
kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.
 
Selain itu, warga juga hadir tidak hanya bersama teman tetapi hadir bersama saudara dan keluarganya.
 
"Aku sengaja ke sini, ini perdana banget sama keluarga buat edukasi kita juga seperti apa sih rangkaian ulang tahun Indonesia khususnya kirab bendera," kata Leny (21), asal Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
 
Dengan adanya antusiasme warga, Polres Jakarta Pusat mengerahkan 1.800 personel untuk memastikan tak ada kendala selama upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI, khususnya di Kawasan Monas.
 
"Kami 1.800 personel bertugas sampai semua rangkaian selesai di Jakarta Pusat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin di Kawasan Monas.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023