Saat distribusi soal, akan ada pengawalan dari kepolisian dan petugas dari perguruan tinggi dan petugas dari dinas
Yogyakarta (ANTARA News) - Soal Ujian Nasional tingkat SMA/SMK tiba di DIY dan disimpan di gedung soal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Jumat, setelah didistribusikan dari percetakan di Kudus Jawa Tengah.

Pengiriman naskah soal dari percetakan di Kudus Jawa Tengah tersebut dilakukan menggunakan dua truk milik Pos Indonesia.

"Naskah soal Ujian Nasional (UN) tersebut akan dipilah dan disimpan selama semalam untuk kemudian didistribusikan ke kota/kabupaten besok pagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji di Yogyakarta, Jumat.

Distribusi ke kota/kabupaten direncanakan dilakukan dengan menggunakan delapan armada untuk SMA/SMK dan MA serta dua armada untuk membawa soal Paket C.

"Saat distribusi soal, akan ada pengawalan dari kepolisian dan petugas dari perguruan tinggi dan petugas dari dinas," katanya.

Soal UN untuk tingkat SMA/SMK dan sederajat terdiri atas 21 jenis soal per ruangan, yaitu 20 jenis soal utama dan satu jenis soal cadangan.

Soal cadangan bisa digunakan jika ada soal utama yang rusak dan jika masih kurang maka bisa meminta soal cadangan dari ruang lain. "Jika masih kurang, maka bisa meminta sekolah lain. Jika masih kurang juga, bisa digandakan oleh petugas," lanjutnya.

Soal UN tingkat SMA/SMK dan sederajat di DIY akan didistribusikan ke 29 sekolah yang menjadi kelompok kerja (pokja) UN, yaitu 13 pokja SMA dan 16 pokja SMK, dan soal Paket C akan didistribusikan ke Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota.

Pada pelaksanaan UN 2013, Kota Yogyakarta memiliki tiga pokja SMA dan empat pokja SMK, Sleman terdiri atas empat pokja SMA dan lima pokja SMK, Bantul terdiri atas dua pokja SMA dan dua pokja SMK, Kulon Progo dua pokja SMA dan tiga pokja SMK, dan Gunungkidul terdiri atas dua pokja SMA dan dua pokja SMK.

Pewarta: Oleh Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013