Jakarta (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menyerahkan Daftar Calon Sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum pekan depan.

Sebelumnya, PKS berencana menyampaikan DCS pada 9 April, namun harus tertunda karena masih melakukan finalisasi kelengkapan dokumen pencalonan.

"Kendala penundaan karena masih ada beberapa calon yang terlambat mengurus administrasi pencalonan, jadi masih dilengkapi," kata Sekretaris Jenderal PKS M Taufik Ridho melalui pesan singkat, di Jakarta, Jumat.

Taufik menjelaskan bahwa semua caleg yang didaftarkan harus memenuhi semua persyaratan, jika masih ada yang kurang maka nama caleg akan langsung dicoret.

"Pendaftaran ke KPU harus lengkap semua, kalau ada yang kurang langsung digugurkan nama calonnya," kata Taufik.

Menurut Taufik, PKS membutuhkan waktu lebih lama untuk melengkapi beberapa dokumen seperti ijazah yang dilegalisir, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit dan surat tanda memiliki hak suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Padahal PPS belum terbentuk, sehingga data tersebut harus dicari di kelurahan," uajr Taufik.

PKS memberikan batas waktu bagi caleg untuk melengkapi dokumen pencalegan hingga Minggu (14/4), sehingga Senin dapat diserahkan ke KPU.

KPU menjadwalkan penyerahan DCS dari partai politik peserta Pemilu 2014 pada 9-22 April 2013. Mulanya PKS berencana menyerahkan DCS pada hari pertama pendaftaran, 9 April.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013