Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan pemenuhan hak warga rentan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disalurkan melalui Sentra Efata Kupang, pada momen Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI.

Kepala Sentra Efata Kupang Radik Karsadiguna dalam keterangannya yang disiarkan di Jakarta, Jumat, menyatakan kemerdekaan berarti tersedianya kesempatan dan peluang yang sama untuk semua elemen bangsa.

Negara berkewajiban menyediakan hak-hak warga negara, negara menyediakan fasilitas yang bisa diakses oleh semua warga negara. Lansia dan penyandang disabilitas diberikan haknya, termasuk warga yang sakit, harus bisa mengakses fasilitas kesehatan. "Ada anak tidak bisa sekolah kita bantu supaya bisa tetap sekolah,” kata Radik mengutip arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca juga: 1.450 warga lansia NTT dapat bantuan sosial

Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai sentra dan para penerima manfaat pada Kamis (17/8) dipimpin oleh Kepala Sentra Efata Kupang. Sentra menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang terdiri atas bantuan aksesibilitas, bantuan kewirausahaan dan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar. Bantuan tersebut senilai Rp377 juta.

Bantuan aksesibilitas yang diberikan berupa motor roda tiga untuk usaha bagi lima orang penyandang disabilitas fisik, kursi roda bagi 30 orang dan tongkat pintar bagi 5 orang penyandang disabilitas sensorik netra.

Selain bantuan aksesibilitas, diberikan juga bantuan kewirausahaan berupa usaha kios/warung bagi tiga penerima manfaat dan ternak babi bagi delapan penerima manfaat. Sentra Efata Kupang juga memberikan paket sembako bagi 74 penerima manfaat, termasuk lansia veteran dan lansia telantar.

Baca juga: Kemensos bantu seorang disabilitas yang jadi peminta-minta di jalanan

Baca juga: Menteri Sosial serahkan bantuan bagi penyandang disabilitas di NTT


Dalam kesempatan itu, Radik menyampaikan bahwa HUT Kemerdekaan RI juga menjadi momen penting Kementerian Sosial, khususnya Sentra Efata Kupang untuk menyerahkan bantuan kepada yang membutuhkan. Penyerahan bantuan ini merupakan implementasi pemenuhan hak-hak masyarakat rentan terhadap akses bantuan dan keadilan sosial.

Radik berharap HUT ke-78 RI ini menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan Sentra Efata Kupang kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dan berkeadilan sosial.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023