Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di media sosial Twitter menampilkan video sebuah bus tinggi berwarna merah yang dinarasikan PSSI melarang klub Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija) menggunakan JIS.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Persija ditelikung PSSI untuk tidak gunakan JIS”

Berikut narasi dalam video:

“JIS DIJEGAL HABIS2AN REZIM TERLICIK YG PERNAHA ADA

HEBOH, TERBONGKAR PSSI LARANG PERSIJA GUNAKAN JIS”

Namun, benarkah video PSSI larang Persija gunakan JIS tersebut?

 

Unggahan video misinfomasi yang menarasikan PSSI larang Persija gunakan JIS. Faktanya, isi video dengen narasi judul tidak sesuai. (Twitter)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, video bus Persija tersebut serupa dengan unggahan TikTok berikut yang diberi narasi “Tetap semangat latihannya di bulan suci ya macan, walau hujan menghadang #persija #buspersija #persijadidadaku #jis #jakartainternationalstadium #persijajakarta”. Video bus tersebut tidak ada kaitannya dengan PSSI melarang Persija gunakan JIS.

Selain itu, video podcast tersebut juga serupa dengan unggahan YouTube Abraham Samad SPEAK UP yang berjudul “Kepentingan Politik Dikalahkan! JIS Direkomendasikan Jadi Venue Piala Dunia U-17”. Dalam podcast dengan Angga Putra Firdian, Tim Gubernur untuk percepatan pembangunan 2017-2022, menyatakan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Persija Jakarta belum bisa menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk Liga 1 2022/2023. Sebabnya, LIB menganggap JIS belum memenuhi verifikasi untuk menggelar turnamen sepak bola, selevel Liga 1. Ada beberapa hal yang mesti diperbaiki.

Dalam video tersebut tidak ada narasi bahwa PSSI melarang Persija menggunakan JIS.

Klaim: Video PSSI larang Persija gunakan JIS

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti

Cek fakta: Hoaks! Foto bus PSSI untuk Timnas U-17

Baca juga: Ketum Jakmania temui Heru minta restu Persija main di JIS

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023