London (ANTARA News) - Perdana Menteri Inggris David Cameron mengunjungi Jerman pada Jumat, untuk mendesak reformasi Uni Eropa, tetapi dalam langkah yang tidak biasa Kanselir Angela Merkel telah mengundang Cameron dan keluarganya untuk tinggal di kediaman resminya.

Cameron, yang mempersingkat lawatannya ke Spanyol dan Perancis pada Senin setelah mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher meninggal dunia, akan ditemani oleh istrinya Samantha dan ketiga anak mereka, kata kantornya di Downing Street.

Juru bicaranya mengatakan Cameron akan membahas "semua aspek" mengenai reformasi Uni Eropa dengan Merkel, serta KTT G8 mendatang pada bulan Juni yang akan diselenggarakan oleh Inggris dan konflik di Suriah.

"Ini adalah bagian dari hubungan yang kuat yang sedang berlangsung, kerja sama yang sangat baik antara perdana menteri dan kanselir Jerman," kata juru bicara itu.

Kantor Merkel mengatakan dia dan Cameron beserta keluarganya akan tinggal di wisma pemerintah di Meseberg, 50 mil utara Berlin.

Pemimpin Inggris dan Jerman itu akan makan malam bersama pada Jumat dan melanjutkan pembicaraan pada Sabtu, katanya dalam sebuah pernyataan.

"Pembahasan akan fokus pada pertanyaan saat ini terkait dengan kebijakan Eropa maupun isu-isu internasional seperti situasi di Suriah dan KTT G8 yang akan datang di bawah kepemimpinan Inggris," kata pernyataan itu.

Cameron mencemaskan sesama pemimpin Uni Eropa pada Januari ketika ia berencana untuk mengambil alih kekuasaan dari Brussels, dan untuk mengkaji bentuk keanggotaan Inggris pada akhir 2017.

Dalam sebuah wawancara dengan lima surat kabar Eropa yang diterbitkan pada hari Senin, Cameron menyeru Uni Eropa untuk membawa "perubahan yang menguntungkan seluruh negara-negara Eropa" termasuk terkait daya saing dan pengeluaran.

Tetapi Perdana Menteri Inggris juga mengatakan jika ia percaya bahwa perubahan perjanjian terhadap 27-anggota Uni Eropa akan diperlukan di masa depan - sesuatu yang ingin dihindari oleh para pemimpin Eropa yang sudah terjebak dalam krisis zona euro.

Downing Street mengatakan sedang mencoba untuk menjadwal ulang pertemuan dengan Presiden Prancis Francois Hollande yang dibatalkan setelah kematian Thatcher. Cameron juga mempersingkat kunjungannya ke Madrid pada Senin, termasuk rencana pertemuan dengan Perdana Menteri Mariano Rajoy.


Penerjemah: GNC Aryani

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013