Surabaya (ANTARA) - Gol tunggal pemain asal Singapura Song Ui-Young berhasil membuat Persebaya Surabaya menang atas lawannya PSM Makassar pada laga kesembilan Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jumat sore.

Dari hasil pertandingan tersebut, klub yang berjuluk Bajol Ijo menempati peringkat 6 dengan meraih 14 poin dari sembilan pertandingan. Sementara lawannya, PSM Makassar turun ke posisi ke-11 dengan total poin 11 dari jumlah pertandingan yang sama.

Jalannya pertandingan, PSM sebagai tim tamu langsung menyerang ke jantung pertahanan Persebaya. Peluang pertama didapatkan oleh pemain PSM asal Jepang Kenzo Nambu pada menit ke-2 namun tendangannya masih melambung di atas gawang Persebaya yang dijaga oleh Andika Ramadhani.

Hingga menit ke-5 Persebaya sebagai tuan rumah masih belum bisa menembus pertahanan klub yang berjuluk Juku Eja tersebut.

PSM kembali mendapat peluang lewat serangan balik pada menit ke-6, Yacob Sayuri yang terlepas dari jebakan offside langsung menusuk pertahanan Persebaya, sayang tendangannya masih melebar ke sebelah kiri penjaga gawang.

Baca juga: Pelatih PSM Makassar waspadai para pemain depan Persebaya
Baca juga: Persebaya berharap lanjutkan tren positif saat melawan PSM Makassar


Persebaya yang sedari tadi diserang tidak tinggal diam, melalui skema umpan-umpan pendek pada menit ke-9, tendangan jarak jauh Song Ui-young tidak mampu dibendung penjaga gawan PSM dan membuat namanya tercatat di papan skor. Klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut sementara berhasil unggul 1-0 atas lawannya.

Tidak mau tinggal diam karena tertinggal satu angka, PSM mencoba membuat peluang melalui tendangan bebas pada menit ke-16 yang dieksekusi oleh Yance Sayuri, namun tendangannya berhasil ditepis oleh penjaga gawang Andika.

Pada menit ke-28, Persebaya mendapat peluang lewat Bruno Moreira yang mencoba tendangan dari luar kotak penalti, sayang masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang PSM Reza Arya.

PSM kembali mendapat peluang pada menit ke-36, memanfaatkan kesalahan pemain Persebaya, namun tendangan Kenzo Nambu belum bisa menggetarkan gawang Andika Ramadhani.

Selang satu menit, Adilson Gancho juga membuat peluang, lagi-lagi dari kesalahan para pemain Persebaya yang berhasil direbut oleh pemain asal Portugal tersebut, namun masih bisa dihalangi oleh Song Ui-young dan berhasil ditangkap oleh Andika.

Selain Adilson, tak sampai satu menit, Everton juga mencoba peruntungan melalui tendangan dari dalam kotak penalti, sayang tendangannya masih melambung tinggi di atas gawang Persebaya.

Menjelang turun minum, kedua kesebelasan, terutama tim tamu menaikkan tempo permainan, namun belum ada yang berhasil membuahkan gol.

Hingga peluit tanda turun minum dibunyikan, skor masih 1-0, keunggulan bagi tuan rumah Persebaya.

Pada babak kedua, kedua tim masih menunjukkan permainan dengan intensitas permainan yang tinggi.

Pada menit ke-56, pemain PSM Ananda Raehan mendapat peluang melalui tendangan dari luar kotak penalti, tapi tendangannya masih di atas tipis gawang Andika Ramadhani.

Kali ini giliran Persebaya yang mendapat peluang emas pada menit ke-62, Kasim Botan yang terbebas dari jebakan offside mendekat ke gawang PSM, namun tendangannya masih membentur tiang gawang sebelah kanan.

Jula beli serangan dari kedua tim terjadi dalam pertandingan babak kedua ini.

PSM yang sedari tadi menyerang pertahanan Persebaya, pada menit ke-90 Yuran Fernandes mendapat peluang, namun sundulannya masih melebar ke sebelah kanan gawang Andika Ramadhani.

Hingga wasit asal Bandung Ryan Nanda Saputra meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor masih tetap 1-0, kemenangan bagi tuan rumah Persebaya.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Persebaya Surabaya:
Andhika Ramadhani (PG), Arief Catur Pamungkas, Reva Adi Utama (C), Dusan Stevanovic, Song Ui-Young, Andre Oktaviansyah, Sho Yamamoto, Muchamad Wildan Ramdhani Nugraha, Kadek Raditya Maheswara, Muhamad Kasim Botan, Bruno Moreira Soares.
Pelatih Caretaker: Uston Nawawi

PSM Makassar:
M. Reza Arya Pratama (PG), Yuran Fernandes Rocha Lopes, Erwin Gutawa, Everton Nascimento De Mendonca, Muh. Dzaki Asraf Huwaidi, Adilson Gancho Da Silva, Yakob Sayuri (C), Yance Sayuri, Muh. Rizky Eka Pratama, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung.

Baca juga: Gol tunggal Sho Yamamoto menangkan Persebaya lawan Persita di GBT

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023