Jakarta (ANTARA) - Guru besar ekonomi politik Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Didin S. Damanhuri, menyebutkan bahwa hilirisasi komoditas agromaritim yang meliputi perkebunan, perikanan, dan kelautan memberikan manfaat lebih besar bagi kesejahteraan rakyat.

"Kalau (komoditas) yang dipersiapkan oleh Kementerian Investasi, yang ada 21 proyek strategi hilirisasi, yang paling bisa bermanfaat besar buat rakyat itu yang agro dan maritim," kata Didin dalam sebuah diskusi daring yang disiarkan di platform Zoom, Jumat.

Dia menjelaskan prioritas hilirisasi komoditas agromaritim lebih menguntungkan karena Indonesia memiliki penguasaan atas teknologi yang dibutuhkan untuk melakukan proses hilirisasi komoditas pertanian dan kelautan.

Garam, menurut Didin, menjadi salah satu komoditas agromaritim untuk dilakukan hilirisasi karena memiliki teknologi yang sederhana. Dengan potensi itu, dia menyayangkan komoditas garam justru didominasi oleh produk impor.

"Garam teknologinya sederhana bisa dilakukan di Madura dan lain sebagainya tapi sekarang ini garam itu baik garam industri maupun garam konsumsi sudah dikuasai oleh impor," ucapnya.

Selain teknologinya yang lebih sederhana dan relatif dikuasai oleh negara, Didin menyebutkan bahwa hilirisasi komoditas agromaritim dapat memberikan efek pengganda (multiplier effect) terhadap ketenagakerjaan, finansial, hingga kesejahteraan rakyat.

"Multiplier effect baik ketenagakerjaan maupun finansial sampai ke kesejahteraan itu akan jauh lebih punya dampak besar terhadap Indonesia," kata Didin.

Dia menyarankan Indonesia perlu menentukan posisinya dalam proyek hilirisasi komoditas yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

"Saya kira Indonesia butuh sekali sebuah positioning yang lebih serius di dalam hilirisasi yang menguntungkan kesejahteraan rakyat sebesar-besarnya," ujarnya.

Kementerian Investasi/BKPM saat ini tengah berfokus pada hilirisasi 8 sektor prioritas yakni mineral, batubara, minyak, gas bumi, perkebunan, kelautan, perikanan dan kehutanan sebagai arah kebijakan investasi Indonesia.

Adapun 8 sektor tersebut terdiri dari 21 komoditas, yakni batubara, nikel, timah, tembaga, bauksit, besi baja, emas perah, aspal buton, minyak bumi, dan gas bumi.

Sektor perkebunan dan kehutanan terdiri dari kelapa, karet, bio fuel, kayu log, dan getah pinus. Sementara sektor kelautan dan perikanan meliputi udang, ikan, rajungan, rumput laut dan garam.

Baca juga: KKP tingkatkan kualitas perikanan melalui hilirisasi industri
Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Produksi, DPD RI Minta Pemerintah Intensifkan Industri Garam Rakyat

Baca juga: IPB: Konsep agromaritim 4.0 dapat optimalkan sumber daya Indonesia
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023