Makassar (ANTARA) - Sebanyak 53 kegiatan edukasi yang digelar Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (OJK KR6 Sulampua) telah menyasar sekitar 5.414 orang peserta dari berbagai kalangan.

"Sejak Januari hingga Juli 2023, OJK KR 6 telah melaksanakan 53 kegiatan edukasi kepada masyarakat dengan jumlah peserta 5.414 orang yang terdiri dari pelaku UMKM, ibu rumah tangga, ASN, komunitas, mahasiswa maupun pelajar," kata Kepala OJK KR6 Sulampua, Darwisman di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, pentingnya edukasi dan literasi jasa keuangan itu dari berbagai komponen masyarakat, agar masyarakat mengetahui peran dan fungsi jasa keuangan, sekaligus untuk melindungi masyarakat oknum tertentu yang ingin mengambil keuntungan.

Darwisman mengatakan, selain program edukasi itu, juga kegiatan Satgas Waspada Investasi Daerah telah dilaksanakan 8 kegiatan edukasi kepada masyarakat.

Kegiatan itu dilakukan baik melalui sosialisasi maupun talkshow di radio, serta telah dilaksanakan pula rapat koordinasi dengan lembaga yang bernaung di bawah Satgas Waspada Investasi Daerah Sulsel.

Berdasarkan data OJK Kr 6 Sulampua diketahui, layanan konsumen sejak Januari hingga Juli 2023 terdapat 475 layanan konsumen yang terdiri dari 141 layanan pengaduan, 281 pemberian informasi, dan 53 penerimaan informasi.

Sedang dari total layanan konsumen tersebut sebanyak 291 layanan terkait perbankan, 100 layanan terkait perusahaan pembiayaan, 38 layanan terkait fintech, 23 terkait sektor non LJK, 20 terkait asuransi, 2 dana pensiun dan 1 perusahaan pegadaian.

Khusus untuk Informasi Debitur (iDeb) pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) sejak Januari hingga Juli 2023 terdapat 3.450 layanan.

Baca juga: OJK sebut ada tiga investor asing yang siap akuisisi multifinance RI
Baca juga: OJK: Tunggakan PayLater bikin anak muda tak bisa ajukan KPR
Baca juga: OJK tambah ADK baru khusus awasi aset keuangan digital dan kripto RI

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023