Jakarta (ANTARA) - Liverpool FC resmi mendapatkan gelandang asal Jepang yang sebelumnya memperkuat Vfb Stuttgart, Wataru Endo yang dikontrak selama empat tahun. Endo menjadi pemain kedua Jepang yang berseragam Liverpool setelah yang pertama adalah Takumi Minamino pada periode Januari 2020 sampai Juni 2022.

"Rasanya luar biasa dan ini adalah impian saya. Selalu menjadi mimpi untuk bermain di Liga Premier dan dengan salah satu klub terbesar di dunia. Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya,” kata Endo saat diperkenalkan, dilansir dari laman resmi klub, Sabtu.

Gelandang berusia 30 tahun itu menjadi suksesor kedua pemain dari Negeri Sakura setelah Minamino yang pindah dari klub menuju AS Monaco pada Juli 2022.

Saat itu, Minamino mencatatkan 55 kali penampilam di semua kompetisi dengan 14 gol dan tiga assists, serta memenangkan Liga Inggris 2019/2020, Piala FA 2021/2022, dan Piala Liga 2021/2022, demikian dilansir dari Transfermarkt.

“Ya ya. Dia (Minamino) mengirimiku pesan dan mengucapkan selamat. Saya memintanya untuk bercerita tentang Liverpool, jadi kami mengobrol,” kata Endo yang menjelaskan Minanimo turut bahagia ia berseragam The Reds.

Endo tiba di Liverpool setelah menjalani empat musim bersama Stuttgart di mana ia membuat 133 penampilan dan mencetak 15 gol dan 12 assists setelah pindah ke Liga Jerman pada 2019 dengan dimulai menjadi pemain pinjaman.

Baca juga: Liverpool dikabarkan capai kesepakatan dengan kapten Stuttgart Endo

Pada level internasional, pemain yang bertinggi 1,78 meter itu memiliki 50 caps untuk timnas Jepang dengan sumbangan dua gol dan dua assists. Ia membuat empat penampilan di Piala Dunia 2022 di Qatar 2022 saat negaranya menjadi juara Grup E, mengungguli Spanyol dan Jerman, dan mencapai babak 16 besar sebelum dikalahkan Kroasia yang menjadi juara ketiga.

“Saya sangat senang. Wataru adalah pemain yang sangat bagus. Saya tahu di dunia sepak bola ini bagaimana kelanjutannya dan hal-hal seperti ini, tetapi lihatlah, lihatlah, karena dia adalah pemain yang sangat bagus,” kata pelatih Liverpool Jurgen Klopp.

“Pemain berpengalaman, kapten Stuttgart, kapten Jepang, berbicara bahasa Inggris dengan baik, kawan yang baik, family man, mesin di lapangan, pesepakbola yang baik di atas itu, sikap sensasional. Jadi, saya sangat senang. Dia pesepakbola yang baik, sangat berpengalaman dan suka bekerja sangat keras,” tambahnya.

Lebih lanjut, Endo akan mengenakan nomor punggung 3 di klub yang bermarkas di Stadion Anfield tersebut, nomor punggung yang sebelumnya dipakai Fabinho gang telah pindah ke klub Arab Saudi Al Ittihad.

Ia menjadi rekrutan ketiga Liverpool pada jendela transfer musim panas ini setelah Alexis Mac Allister dari Brighton & Hove Albion dan Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig.

“Saya ingin dicapai sebagai juara Premier League. Kami juga memainkan Liga Europa musim ini, jadi saya pikir memenangkan gelar adalah tugas kami dan saya ingin mencapainya,” kata Endo tentang targetnya bersama klub di musim depan.
 


Baca juga: Didekati Al-Ittihad, Mohamed Salah akan bertahan di Liverpool
Baca juga: Liverpool ajukan negosiasi untuk gelandang Fluminense Andre
Baca juga: Klopp: Van Dijk punya segalanya untuk jadi kapten Liverpool

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023