Saya sangat bangga dan sangat terkesan saat saya tiba di sini, seperti yang disampaikan bahwa Tidore adalah Kota yang masyarakatnya masih memegang teguh adat dan masyarakat yang religiusitasnya yang tinggi,"
Ternate (ANTARA News) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) RI, Sapta Nirwandar, Jumat, dinobatkan sebagai Jou Bangsa Kesultanan Tidore oleh Perdana Menteri Kesultanan Tidore Ridwan Do pada perayaan puncak Hari Jadi Tidore (HJT) ke-905.

Wamenparekraf Sapta Nirwandar di sela-sela upacara HJT Tidore ke-905 menyatakan apresiasinya kepada Bobato Adat Kesultanan Tidore dan masyarakat Tidore yang telah menobatkan dirinya sebagai duta dari Kesultanan Tidore.

Wamen juga menyampaikan rasa bangganya bisa menginjakkan kakinya di bumi Tidore, daerah yang masih memegang teguh adat dan aturan sebagai identitas dan jati diri masyarakat, sebuah negeri yang sangat berjasa dalam masuknya Irian Barat, Papua ke pangkuan NKRI.

"Saya sangat bangga dan sangat terkesan saat saya tiba di sini, seperti yang disampaikan bahwa Tidore adalah Kota yang masyarakatnya masih memegang teguh adat dan masyarakat yang religiusitasnya yang tinggi," katanya.

Ia mengatakan, sepanjang perjalanannya di Kota Tikep, bisa ditemui masjid dan tempat ibadah itu bukan hanya simbol agama tetapi juga merupakan kemakmuran.

"Inilah bagian dari kehidupan masyarakat Tidore yang agamis yang dibingkai dengan adat dan kebudayaan yang sangat tinggi," katanya.

Sapta Nirwandar berharap, dengan perayaan HJT ke-905 ini makin memperkuat nilai-nilai budaya untuk dilestarikan ke depan karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menjungjung tinggi nilai dan budayanya.

"Keindahan Tidore mulai nampak dan ini akan kita kembangkan menjadi salah satu destinasi pariwisata karena pariwisata membawa kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut dia, tema HJT ke-905 ini yakni restorasi budaya menuju masyarakat berkarakter budi dengan bahasa, merupakan upaya merestorasi nilai-nilai luhur yang menjadi pandangan hidup serta merupakan peradaban negeri, adat serta aturan untuk membangun ruh dengan karakter masyarakat Tidore.

Sebelumnya, upacara adat HJT Tidore ke-905 yang dipusatkan di Sonyine Salaka Kadato Kie Kesultanan Tidore, Jumat Pagi (12/4), berlangsung hikmad.

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Jojau atau Perdana Menteri Kesultanan Tidore, H. Ridwan Do. Taher, mewakili sultan, perwira upacara dijabat Ari Dano dan komandan upacara, Husain Alting yang juga Kapita Lau Kesultanan Tidore.

Upacara diawali dengan pembacaan Sejarah Singkat Hari Jadi Tidore oleh Ngofa Sedano Soa Romtoha Tomayou, Yakub Husain, yang juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Tikep.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013