Jakarta (ANTARA) - Kartika Smith dan Leli Susiana mendapatkan penghargaan Indonesian Fighters karena mempromosikan kekayaan budaya Indonesia di Afrika Selatan melalui usaha spa mereka.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Lesotho, Kerajaan Eswatini, dan Southern African Development Community (SADC) Saud Purwanto Krisnawan menyerahkan penghargaan ini yang biasa diberikan kepada WNI berprestasi.

Kartika adalah pemilik usaha spa massage “Melati Massage Therapy” di Benoni, Provinsi Gauteng, sedangkan Leli adalah pemilik “Bamboo Garden Spa” di Durban, Provinsi Kwa-Zulu Natal.

“Kami bangga dengan upaya yang dilakukan oleh Ibu Kartika dan Ibu Leli. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan menjadi contoh bagi kita semua yang berada di luar negeri, terutama di Afrika Selatan”, kata Wawan dalam keterangan tertulis KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Zelenskyy terima kasih Indonesia telah dukung kedaulatan Ukraina

Kedua WNI asal Kepulauan Riau dan Jawa Barat itu membuka bisnis spa di Afrika Selatan sejak 2014 dan 2022 dengan mengedepankan teknik spa khas Indonesia.

“Saya berterima kasih dan merasa bangga atas perhatian yang diberikan KBRI Pretoria melalui Pak Dubes yang mewakili pemerintah Indonesia memberikan penghargaan Indonesian Fighter. Penghargaan ini menjadi motivasi saya untuk terus berkembang," kata Kartika.

"Lewat upaya yang saya lakukan, semoga nama Indonesia terus menjadi harum dan menjadi kebanggaan kita semua," timpal Leli Susiana. 

Penghargaan ini diserahkan kepada Kartika dan Leli saat upacara peringatan kemerdekaan RI ke-78 di KBRI Pretoria, yang diikuti diaspora dan warga Indonesia tinggal di Pretoria, Johannesburg dan wilayah-wilayah sekitarnya.

KBRI Pretoria juga menggelar aneka lomba untuk memeriahkan acara tersebut.

Baca juga: KBRI Manila promosikan produk Tanah Air di Indonesia Expo 2023

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023