Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Jamaluddin Jompa menyambut secara resmi 1.703 mahasiswa baru program pascasarjana pada 2023 dari berbagai fakultas di perguruan tinggi tersebut.

Rektor Unhas Makassar Jamaluddin Jompa dalam keterangan di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, mengatakan tahun ini Unhas menerima 1.703 mahasiswa baru program pascasarjana yang terdiri atas 1.329 mahasiswa program S2 dan 374 mahasiswa program S3.

Jumlah ini, kata dia, menggambarkan kualitas Universitas Hasanuddin yang semakin baik dan berkualitas.

"Ini tentu saja berkat kerja keras kita semua. Salah satunya dapat dilihat dari peringkat dan reputasi Unhas yang terus membaik. Unhas saat ini bukan lagi kampus terbaik di Indonesia timur, tetapi menjadi salah satu kampus terbaik Indonesia," kata dia.

Ia menjelaskan dari 1.703 mahasiswa baru pascasarjana pada 2023, satu di antaranya Kepala Kantor Konsulat Jepang di Makassar Ohashi Koichi MPA.

Baca juga: Unair kukuhkan 1.623 mahasiswa baru pascasarjana

Ia mengharapkan mahasiswa baru pascasarjana bisa mengambil peran aktif dalam upaya peningkatan kualitas dan reputasi Unhas secara global.

Kontribusi aktif dalam hal penelitian dan publikasi yang lebih berkualitas hingga kolaborasi dan jejaring riset, kata dia, harus terus diupayakan dan dikembangkan.

Sejalan dengan itu, ia menambahkan pada tahun ini Unhas juga melakukan reorientasi kurikulum K23 (Kurikulum 2023).

Penyesuaian regulasi akademik untuk tingkat pascasarjana juga terus diupayakan Unhas.

"Semuanya tentu saja bermuara pada upaya agar kita bisa lebih produktif, membangkitkan semangat inovasi dan kontribusi kepada pengetahuan," ujar dia.

Baca juga: Tiga program studi pascasarjana UI raih akreditasi internasional
Baca juga: Pascasarjana UNG meluluskan 107 doktor dan magister

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023