Kampala, Uganda (ANTARA) - UNICEF Kongo mengungkapkan dalam tujuh bulan pertama tahun ini paling sedikit ada 31.342 kasus terkonfirmasi dan suspek kolera di negara yang di antaranya 230 merenggut nyawa manusia.

Kebanyakan kasus kolera menimpa anak-anak, kata UNICEF.

North Kivu menjadi provinsi paling parah terkena wabah ini. Di sini, ditemukan lebih dari 21.400 kasus terkonfirmasi atau suspek kolera, termasuk pada 8.000 lebih balita.

"Skala wabah kolera dan keparahannya sangat dikhawatirkan," kata Koordinator Darurat Senior UNICEF Kongo Shameza Abdulla.

"Jika tak segera ditangani dalam beberapa bulan ke depan, maka ada risiko besar penyakit tersebut menyebar ke wilayah-wilayah yang selama bertahun-tahun tak pernah terdampak penyakit ini."

Baca juga: WHO: 500 lebih tewas akibat wabah kolera di Kongo

Dia juga mengatakan ada ancaman kolera terus menyebar di lokasi pengungsian di mana sistem sudah kewalahan dan penduduk, terutama anak-anak, sangat rentan dari penyakit sehingga berpotensi tak terselamatkan.

Pada 2017 kolera menyebar ke seantero  Kongo, termasuk ibu kota Kinshaha, untuk  menyebabkan hampir 55.000 kasus yang 1.100 di antaranya berakhir dengan kematian.

UNICEF sedang meminta 62,5 juta dolar AS (Rp957 miliar) untuk meningkatkan tindakan pencegahan dan penanggulangan kolera dan krisis WASH (air, sanitasi dan kebersihan) dalam lima bulan ke depan.

Melalui rencana tersebut UNICEF berupaya menjangkau 1,8 juta orang, termasuk 1 juta anak-anak dengan air bersih, alat kebersihan, jamban, pasokan medis dan pengobatan kolera yang ramah anak.

Saat ini dana tersebut baru terkumpul 9 persen.

Baca juga: Kasus Kolera di Kongo Capai 5.000, 300 Tewas

Sumber: Anadolu

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023