Pada ajang ini, kita menghadirkan produk-produk terbaik dari Sulsel
Makassar (ANTARA) - Berbagai produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Sulawesi Selatan (Sulsel) dipamerkan di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dalam Sulsel Craft Expo 2023 Andalan Indonesia di Big Mall Samarinda.

Selain menghadirkan produk UMKM unggulan dan andalan Sulsel, kegiatan yang berlangsung hingga 20 Agustus 2013 ini juga diisi berbagai kegiatan, seperti seni budaya kabupaten/kota; malam apresiasi Ketua Dekranasda; presentese produk; business matching; lomba: inovasi craft, stan terbaik, hias kerajinan dan mewarnai.

"Pada ajang ini, kita menghadirkan produk-produk terbaik dari Sulsel," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Sabtu.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina membuka kegiatan ini pada Jumat (18/08).

Ia berharap Sulsel Craft Expo 2023 yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel dan Dekranasda Sulsel ini sebagai momentum untuk mengembangkan dan mempromosikan industri kerajinan masyarakat khas Sulsel dan pemulihan ekonomi Sulsel.

Program pengembangan UMKM dilakukan secara terencana termasuk pengembangan dan promosi produk kerajinan.

Baca juga: UMKM diimbau urus legalitas produk agar tembus pasar modern

Baca juga: BI Sulsel dampingi lebih 100 UMKM berproduk ekspor


Selain itu, Sulsel menerapkan penggabungan teknologi tinggi dengan kearifan lokal, menjalankan konsep ekonomi hijau yang berkelanjutan.

"Sekarang semua fesyen internasional sudah mengarah ke Indonesia. Bahkan produk-produk Toraja itu sudah diekspor dan dijual keluar negeri. Ini yang perlu kita lakukan, karena orang luar itu mau produk yang dijual adalah betul-betul hand made, kembali ke bahan dan pewarna alami," ujarnya.

Sedangkan Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina menyampaikan alasan pelaksanaan Expo Sulsel digelar di Samarinda yaitu lantaran banyak perantau datang dari Sulsel dan ikut membangun perekonomian di daerah itu..

"Pemilihan Samarinda karena banyak orang Sulsel di sini, sehingga dapat terobati rindunya dan lebih mengetahui apa produk Sulsel yang menjadi unggulan atau andalan di daerahnya. Bahkan yang sudah sampai pasar internasional," kata dia.

Baca juga: BI Sulsel jadikan Bengok Kraft Semarang contoh UMKM orientasi ekspor

Baca juga: Bea Cukai Parepare Pantau Kesiapan Ekspor UMKM Sulsel Lewat Asistensi

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023