Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meminta Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) aktif mengikuti pameran dengan memamerkan beragam produk industri kecil dan menengah (IKM) pada setiap Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten/kota di Sulsel.

Produk kreatif yang dihasilkan IKM Sulsel, kata Andi Sudirman, harus dipamerkan di sejumlah ruang publik. Ia mencontohkan, tudung saji yang menjadi Juara II di Inacraft 2022.

"Kita meminta agar Dekranasda Sulsel bisa menggelar pameran IKM di setiap acara pemerintah, termasuk peringatan hari jadi kabupaten/kota," ujarnya saat menghadiri pelantikan Pengurus Dekranasda Sulsel sisa Masa Bakti 2018-2023 yang dilantik oleh Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina di Makassar, Senin.

Baca juga: 50 produk Sulsel ditargetkan miliki hak paten

Baca juga: Puluhan UMKM ramaikan Trend Hijab Expo 2022


Pelantikan juga dirangkai dengan pelantikan Ketua Dekranasda Bulukumba Masa Bakti 2021-2026, Andi Herfida Attas dan Ketua Dekranasda Luwu Timur Masa Bakti 2021 - 2026, Sufriaty.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel, kami mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pengurus Dekranasda Sulsel, Kabupaten Bulukumba dan Luwu Timur,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Selain pelantikan, juga dilakukan penyerahan piala dan piagam penghargaan sebagai stan terbaik serta nominasi kerajinan terbaik (tudung saji) pada Pameran Internasional Inacraft 2022.

Ia berharap pengurus dapat memajukan sektor industri kerajinan di Sulsel dan mengangkat potensi lokal, mendorong Dekranasda untuk aktif membina UMKM, sehingga semakin meningkatkan kualitas produk dan karya kerajinan mereka, serta aktif mengikuti berbagai pameran sebagai ajang promosi.

“Saya berharap produk kita yang bagus-bagus itu juga dikawal, baik itu merek maupun pengemasannya, serta pemasarannya,” kata Andi Sudirman.

Baca juga: Dekranasda populerkan sutera khas Sulsel

Baca juga: PKK-Dekranasda Sulsel gelar pasar murah Ramadhan


Ia menyampaikan terdapat 1,5 juta pelaku UMKM terdaftar di Sulsel, jika ini dikuatkan, akan menguatkan perekonomian daerah. “Saat krisis pada tahun 1998 dan saat pandemi, yang bertahan itu UMKM, golongan usaha menengah dan kecil, kita punya 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulsel,” kata dia.

Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina meminta kepada seluruh pengurus Dekranasda Sulsel yang baru dilantik agar menyatukan visi dan misi, dan segera melakukan pertemuan untuk menyusun program yang akan dilaksanakan, termasuk mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melakukan penandatanganan MoU pada tahun lalu.

"Jangan lagi ada sekat-sekat di antara pengurus. Satukan visi dan misi. Kerja sama tim sangat penting," pesan Naoemi.

Ia juga meminta agar Galeri Dekranasda bisa diperhatikan, khususnya kebersihannya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022