Makassar (ANTARA) - Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Sofha Marwah Bahtiar melantik dan mengukuhkan pengurus Komunitas Designer Olah Tenun Sulsel periode 2024-2025.

Sofha Marwah mengapresiasi kehadiran Komunitas Designer Olah Tenun Sulsel ini. Apalagi, tenun Sulsel sangat indah, sehingga butuh sentuhan para desainer agar lebih bagus lagi.

"Tenun di Sulsel sangat bagus, sehingga butuh sentuhan dari desainer untuk menjadi karya yang indah. Saya sangat mendukung sekali adanya organisasi seperti ini. Apalagi desainer Sulsel sudah sangat terkenal," Sofha Marwah dalam keterangannya di Makassar, Minggu.

Baca juga: Dekranasda populerkan sutera khas Sulsel

Pengukuhan di salah satu hotel di Makassar ini dirangkaikan dengan fashion show karya 25 desainer yang tergabung dalam komunitas ini.

Desainer Sulsel yang hasil karyanya ditampilkan, di antaranya Adhy Alie, Itja Achmad, Ilyas De Sam, Irwandhy, Arie Rich, Asdar Habib, Rina Tamam, Amriany Achmad, Husnah Anwar, Mahdalia Makkulau, dan Eka Madjid.

Istri Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ini pun menceritakan, pada Desember 2023 lalu berkunjung ke Uzbekistan yang dikenal negara dengan hasil tenun terbesar ketiga di dunia.

Baca juga: Dekranasda optimistis kerajinan Sulsel bisa tembus pasar global

Saat kunjungannya tersebut, ia mengenakan pakaian tenun hasil karya desainer Sulsel, Magdalena, dan mendapat pujian dari Wakil Gubernur Vergana, di Margilan.

"Wagub sangat terkesan dengan tenun yang saya gunakan. Motifnya bagus, bahannya bagus, ditambah desain yang juga sangat indah. Artinya, desainer kita tidak kalah dengan yang ada di luar negeri," tuturnya.

Ia berharap desainer Sulsel terus berinovasi melalui karya-karyanya, sehingga tenun ini bisa digunakan semua kalangan. Termasuk tenun Rongkong, yang harganya lumayan mahal karena proses pembuatan yang rumit dan bahannya yang sulit didapatkan.

Baca juga: Dekranasda Sulsel motivasi pengusaha pemula kembangkan usaha

"Melalui komunitas ini saya berharap masyarakat kita semakin bangga menggunakan produk lokal berbahan tenun asal Sulsel," kata Sofha.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024