Jakarta (ANTARA) - Debut Aji Santoso sebagai pelatih kepala anyar Persikabo 1973 harus diwarnai dengan kekalahan 0-3 dari Madura United pada pekan kesembilan Liga 1 Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu.

Persikabo 1973 harus mengakui keunggulan Madura United yang mampu mencetak tiga gol melalui Francisco Rivera (dua gol) dan Malik Risaldi, demikian catatan Liga Indonesia.

Hasil ini membuat Persikabo 1973 turun ke peringkat ke-16 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan delapan poin dari sembilan laga, sedangkan Madura United semakin kokoh di posisi puncak dengan torehan 19 poin.

Persikabo 1973 tercatat kalah dominan dibanding Madura United dengan mencatatkan 49 persen penguasaan bola, di sisi lain Madura United mampu melepaskan 15 tendangan yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama, Persikabo 1973 memiliki peluang untuk unggul terlebih dahulu ketika Jose Varela tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Madura United Wawan Hendrawan. Akan tetapi tendangan dari pemain asal Tanjung Verde itu masih menyamping dari jala gawang.

Madura United berbalik memberikan ancaman melalui tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh Francisco Rivera, namun bola masih menyamping dari gawang Husna Al Malik.

Skuad asuhan Mauricio Souza memiliki peluang emas untuk unggul terlebih dahulu, akan tetapi sundulan Junior Brandao masih dapat dimentahkan oleh Husna Al Malik.

Madura United akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-41 setelah umpan Malik Risaldi dapat dikonversi menjadi gol oleh Rivera sehingga skor berubah menjadi 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Rans Nusantara FC ditahan imbang tanpa gol oleh Dewa United

Pada babak kedua, Madura United dapat menggandakan keunggulan berkat sundulan Rivera memanfaatkan umpan silang Bayu Gatra pada menit ke-60.

Unggul dua gol, Madura United semakin nyaman untuk menekan Persikabo 1973 salah satunya melalui upaya tendangan keras Muhammad Tahir namun masih melambung di atas mistar gawang Persikabo 1973.

Madura United mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 setelah Malik Risaldi lolos dari jebakan offside Persikabo 1973 dan membobol gawang dari Husna Al Malik pada menit ke-71.

Tertinggal tiga gol, Persikabo 1973 terus berupaya untuk memperkecil selisih gol, namun hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada tambahan gol yang tercipta sehingga Madura United pun memastikan kemenangan.

Selanjutnya Persikabo 1973 akan bertandang ke markas Arema FC pada pekan ke-10 Liga 1 Indonesia 2023/2024, Minggu (27/8), sedangkan Madura United akan menjamu Bhayangkara FC, Jumat (25/8).

Baca juga: Pelatih Persebaya sebut timnya bekerja keras saat menang lawan PSM
Baca juga: Persik Kediri siapkan strategi redam Barito Putera pada laga tandang

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023