Jakarta (ANTARA) - Timnas Wanita Swedia mengamankan tempat ketiga pada Piala Dunia Wanita 2023 seusai menekuk Australia 2-0 pada partai perebutan peringkat ketiga di Stadion Suncorp, Brisbane, Sabtu.

Kemenangan Swedia atas Australia hadir berkat gol yang dicetak oleh Fridolina Rolfo (penalti) dan Kosovare Asllani, demikian catatan FIFA.

Hasil ini membuat Swedia mempertahankan tempat ketiga pada ajang Piala Dunia Wanita, setelah pada penyelenggaraan sebelumnya di Prancis pada 2019 juga menduduki peringkat yang sama.

Sedangkan bagi Australia, hasil tersebut merupakan pencapaian terbaik negara tersebut selama berlaga pada ajang Piala Dunia. Sebelumnya, langkah terjauh mereka adalah mencapai babak perempat final.

Pada pertandingan ini Swedia tampil lebih dominan dengan mencatatkan 54 persen penguasaan bola serta melepaskan 11 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Swedia memiliki peluang terlebih dahulu melalui tendangan penyerang Stina Blackstenius yang masih dapat dihalau kiper Australia Mackenzie Arnold.

Skuad asuhan Peter Gerhardsson mendapat peluang emas untuk unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Blackstenius dilanggar di kotak terlarang oleh bek Australa Clare Hunt.

Baca juga: Spanyol ke final Piala Dunia Wanita 2023 setelah taklukkan Swedia

Fridolina Rolfo yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya setelah tendangannya tak dapat dijangkau oleh Arnold sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-30.

Swedia semakin percaya diri menekan Australia dan memiliki peluang melalui tendangan Filippa Angeldal namun masih dapat ditepis oleh Arnold.

Memasuki babak kedua Swedia berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-60 setelah umpan dari Blackstenius dapat dikonversi menjadi gol melalui tendangan Kosovare Asllani.

Australia berbalik memberikan ancaman melalui tendangan yang dilepaskan oleh Clare Polkinghorne, namun kiper Swedia Zećira Mušović dapat menghalau peluang tersebut. Skor 2-0 untuk kemenangan Swedia bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga: Australia tantang Inggris di semifinal Piala Dunia Wanita 2023
Baca juga: Spanyol hadapi Swedia pada semifinal Piala Dunia Wanita 2023

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023