Jakarta (ANTARA) - Spanyol memesan tempat di partai final Piala Dunia Wanita 2023 seusai mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 pada babak semifinal di Stadion Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Selasa.

Spanyol mengamankan tiket ke partai puncak itu berkat gol Salma Celeste Ayingono dan Olga Carmona, sedangkan Swedia sempat membalas melalui gol Rebecka Blomqvist, demikian catatan FIFA.

Spanyol tampil dominan dengan mencatatkan 63 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang dua di antaranya tepat sasaran.

Olga Carmona dan Alba Redondo turut memberikan ancaman ke gawang Swedia, meskipun tembakan mereka masih melebar dari gawang.

Kemudian Cata Coll melakukan penyelamatan gemilang terhadap upaya Fridolina Rolfö demi menjaga gawang Spanyol tak kebobolan pada babak pertama.

Swedia kembali memberikan ancaman dari sayap lewat umpan silang Rytting Kaneryd, namun bola tidak dapat dijangkau oleh penyerang Stina Blackstenius.

Baca juga: Erick sebut FIFA sepakati Piala Dunia U-17 digelar di empat stadion

Meskipun bermain dominan, Spanyol baru bisa mencuri keunggulan pada menit ke-81 berkat Salma Celeste Ayingono yang tendangannya membobol gawang Swedia.

Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama setelah tujuh menit kemudian, Swedia membuat gol balasan melalui sundulan Rebecka Blomqvist seusai menerima umpan Lina Hartig.

Spanyol tak membiarkan Swedia melakukan selebrasi terlalu lama karena satu menit setelah gol kedua di pertandingan itu, Olga Carmona mencetak gol memanfaatkan umpan dari Teresa Abelleira untuk membawa Spanyol kembali unggul pada pengujung laga sebelum mengamankan kemenangan.

Selanjutnya Spanyol akan menantikan pemenang antara Inggris menghadapi Australia untuk melakoni partai final di Stadion Olimpiade, Sydney, Australia, Minggu (20/8).

Baca juga: Manchester United awali musim baru dengan kemenangan 1-0 atas Wolves

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023