Jakarta (ANTARA) - Timnas Wanita Spanyol menjuarai Piala Dunia Wanita 2023 seusai mengalahkan Inggris dengan skor tipis 1-0 pada partai final di Stadion Olimpiade, Sydney, Australia, Minggu.

Kemenangan Spanyol atas Inggris hadir berkat gol tunggal yang dicetak oleh Olga Carmona pada babak pertama, demikian catatan FIFA.

Ini merupakan gelar Piala Dunia Wanita pertama untuk Spanyol setelah pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah menembus babak 16 besar pada edisi sebelumnya.

Di sisi lain, peringkat kedua merupakan pencapaian terbaik untuk Inggris selama mengikuti gelaran Piala Dunia Wanita, setelah sebelumnya langkah terjauh mereka adalah mengamankan tempat ketiga.

Pada pertandingan ini Spanyol tercatat tampil dominan dengan mencatatkan 58 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Spanyol ke final Piala Dunia Wanita 2023 setelah taklukkan Swedia

Meski begitu, Inggris mendapatkan peluang terlebih dahulu pada laga ini melalui tendangan Lauren Hemp yang masih membentur mistar gawang Spanyol.

Selanjutnya Spanyol yang menekan lini pertahanan Inggris dan memberikan ancaman melalui tendangan Alba Redondo, akan tetapi bola dapat dihalau oleh kiper Inggris Mary Earps.

Skuad asuhan Jorge Vilda akhirnya dapat memecah kebuntuan pada menit ke-29 seusai tendangan Olga Carmona sukses mengoyak jala gawang Inggris sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Memasuki babak kedua, Spanyol tetap mendominasi jalannya laga dan kembali mendapatkan peluang melalui tendangan Mariona Caldentey, namun Earps dapat menghalau bola tersebut.

Spanyol memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti, namun eksekutor Jennifer Hermoso gagal melaksanakan tugasnya dengan baik karena tendangannya masih dapat diamankan oleh Earps.

Pada sisa waktu pertandingan, Inggris terus berusaha mencari gol penyeimbang, namun Spanyol dapat mempertahankan keunggulan sehingga skor 1-0 tetap bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Australia tantang Inggris di semifinal Piala Dunia Wanita 2023
Baca juga: Swedia amankan tempat ketiga Piala Dunia setelah tekuk Australia 2-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023