Jakarta (ANTARA) - Timnas Spanyol akan bertemu timnas Swedia pada babak semifinal Piala Dunia Wanita 2023 usai kedua tim mengalahkan lawan-lawannya pada babak perempat final, Jumat.

Spanyol tercatat mengalahkan Belanda dengan skor 2-1, sedangkan Swedia secara mengejutkan menyingkirkan salah satu juara Piala Dunia Jepang dengan skor 2-1, demikian catatan FIFA.

Babak semifinal yang mempertemukan dua negara dari Eropa itu akan digelar pada Selasa (15/8) di Stadion Eden Park, Auckland, Selandia Baru.

Sementara itu, pada babak perempat final yang mempertemukan Spanyol dengan Belanda di Stadion Regional Wellington, Wellington, Selandia Baru, Jumat, tim Spanyol tampil dominan dengan mencatatkan 62 persen penguasaan bola dan melepaskan 28 tendangan dengan delapan di antaranya tepat sasaran.

Permainan berjalan terbuka namun Spanyol sudah dominan sejak awal laga dan sempat mencetak gol pada menit ke-37, namun dianulir VAR karena offside. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Selanjutnya pada babak kedua Spanyol mampu mengunci keunggulan pada menit ke-81 melalui eksekusi tendangan penalti Mariona Caldentey yang tak mampu ditebak kiper Belanda Daphne van Domselaar.

Memasuki waktu tambahan babak kedua Belanda dapat menyamakan kedudukan berkat gol dari tendangan Stefanie van der Gragt yang membobol gawang Spanyol sehingga skor sama kuat 1-1 bertahan hingga waktu normal usai.

Kondisi ini membuat laga dilanjutkan dengan babak tambahan 2 x 15 menit dan Spanyol kembali unggul pada menit ke-111 melalui gol yang dicetak oleh Salma Celeste Paralluelo Ayingono. Keunggulan tersebut bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Inggris dan Australia melaju ke perempat final Piala Dunia Wanita 2023

Selanjutnya pada pertandingan perempat final yang mempertemukan salah satu juara edisi sebelumnya Jepang dengan kuda hitam Swedia di Stadion Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Jumat, tim Jepang tampil dominan dengan 51 persen penguasaan bola, namun Swedia lebih sering memberikan ancaman dengan melepaskan 15 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Swedia dapat mencuri keunggulan pada menit ke-32 melalui gol yang dicetak oleh Amanda Ilestedt setelah memanfaatkan bola liar di area pertahanan Jepang sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Memasuki babak kedua, Swedia menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat tendangan penalti yang dieksekusi Filippa Angeldal pada menit ke-51.

Jepang sempat memiliki peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-76, namun tendangan Riko Ueki tak dapat membobol gawang Swedia.

Perwakilan Asia tersebut akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-87 melalui gol yang dicetak Honoka Hayashi. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Swedia tetap bertahan.

Baca juga: Spanyol dan Jepang melaju ke perempat final Piala Dunia Wanita 2023

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023