Jakarta (ANTARA) - KBRI Beograd menyelenggarakan kegiatan donor darah dan penghargaan pakaian nasional untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Serbia.

Diawali dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih, serta rangkaian pesta rakyat dan perlombaan olahraga, KBRI juga memfasilitasi kegiatan kemanusiaan yaitu donor darah oleh para WNI yang hadir di Wisma Duta pada Kamis (17/8).

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian nyata masyarakat Indonesia di Serbia, mengingat persediaan darah di bank darah Serbia yang saat ini menurun drastis,” kata KBRI Beograd dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Peringatan HUT ke-78 RI di Beograd juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan bagi WNI yang menghadiri upacara bendera dengan mengenakan pakaian nasional yang paling menarik, festival kuliner, serta pawai pakaian nasional anak-anak.

Selain para WNI di Serbia, peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini juga dihadiri oleh para anggota asosiasi persahabatan Indonesia Serbia "Nusantara", anggota sanggar tari "Bidadari", dan para friends of Indonesia lainnya di Serbia.

Berdasarkan catatan KBRI, saat ini terdapat sekitar 170 WNI yang berada di Serbia.
Baca juga: KBRI lakukan demo masakan Indonesia di Food Planet Festival Serbia
Baca juga: Warga Serbia menari Bali di Beograd
Baca juga: BEI kenalkan investasi pasar modal kepada Dharma Wanita KBRI Beograd


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023