Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir (14–20 Agustus 2023), mulai dari peringatan HUT Ke-78 RI sampai dukungan Budiman Sudjatmiko untuk Prabowo Subianto maju Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik yang menjadi sorotan dan menarik untuk kembali dibaca.

Jokowi tersenyum dengar laporan progres pembangunan IKN di HUT RI

Presiden Joko Widodo tersenyum dan sumringah saat menerima laporan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dari Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

"Tentang progres, masih on the right track. Setelah ini, nanti ada juga investor swasta yang akan memulai membangun Kota Nusantara menjadi kota yang tidak hanya layak huni, tetapi juga dicintai," kata Bambang Susantono melalui tayangan video seperti disaksikan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Erick Thohir masuk bursa cawapres Ganjar: Saya tegak lurus ke presiden

Menanggapi pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah bahwa dirinya masuk bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan dalam posisi tegak lurus dengan Presiden Jokowi.

"Ya, saya rasa Alhamdulillah. Kan berarti beberapa survei katanya di sebelah kiri bagus, sebelah kanan bagus," ujar Erick usai menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Kompleks Parlemen, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi tahu kerap disebut "Pak Lurah" dan jadi tameng Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo mengetahui dirinya kerap disebut sebagai "Pak Lurah" dan dijadikan sebagai tameng oleh sejumlah pihak yang berkepentingan politik menjelang Pilpres 2024.

"Kita saat ini sudah memasuki tahun politik. Suasananya sudah hangat-hangat kuku dan sedang tren ini di kalangan politisi dan parpol. Setiap ditanya soal siapa capres, cawapresnya, jawabannya 'Belum ada arahan (dari) Pak Lurah'," kata Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo Subianto bertekad teruskan perjuangan Joko Widodo

Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto bertekad meneruskan perjuangan Presiden Joko Widodo jika dia memperoleh mandat sebagai orang nomor satu di Indonesia setelah memenangi Pilpres 2024.

"Saya bertekad meneruskan perjuangan Presiden Joko Widodo. Saya bukan orang yang mencla mencle, bukan orang plin plan, bukan orang yang ragu-ragu," kata Prabowo saat acara Deklarasi Dukungan Prabowo-Budiman Bersatu di Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

KPU tetapkan 9.925 DCS DPR RI pada Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan sebanyak 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Dari 9.925 bacaleg DPR RI ini, rata-rata caleg perempuannya 37,3 persen,” kata anggota KPU RI Idham Holik pada konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023