Jakarta (ANTARA) - Di tengah kebijakan baru platform belanja online yang mulai mengenakan biaya jasa layanan, konsumen ternyata menempatkan program gratis ongkos kirim (ongkir) sebagai pertimbangan penting sebelum berbelanja di marketplace (lokapasar).

Hal itu membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih cukup sensitif terhadap harga. Kemudian, sekitar 42.9 persen konsumen mengaku akan mengurangi pembelian di lokapasar karena adanya biaya jasa layanan aplikasi, demikian hasil survei plaform omnichannel sosial commerce SleekFlow dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Lokapasar mulai mengenakan biaya jasa layanan kepada pengguna dalam besaran antara Rp1.000 hingga Rp2.000 pada setiap transaksi. Selain itu, sejak kuartal pertama 2023, platform juga menaikkan komisi yang dikenakan kepada penjual dari 1-4 persen menjadi 5-6 persen.

Baca juga: SleekFlow rangkul Microsoft integrasikan Chat GPT-4 ke layanan

SleekFlow melakukan survei dengan melibatkan 105 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan latar belakang beragam, seperti berada di usia produktif dengan status sebagai pekerja penuh waktu. Mereka terdiri dari 62,9 persen perempuan dan pria 37,1 persen pria.

Survei itu menunjukkan bahwa konsumen sekarang lebih kritis dalam bertransaksi dan merespons kenaikan harga. Untuk itu, bisnis perlu beradaptasi dengan diversifikasi kehadiran tidak hanya di lokapasar, tapi juga kanal lainnya seperti WhatsApp, media sosial, dan website sendiri atau optimalisasi omnichannel.

Selain itu, studi SleekFlow kali ini juga membuktikan bahwa 91,43 persen konsumen yang menggunakan marketplace cenderung membeli produk yang dibutuhkan tanpa memikirkan apakah itu toko yang sama atau tidak.

Bahkan, 43 persen konsumen akan memilih cari toko baru yang menjual produk serupa jika toko yang pernah jadi tempat dia berbelanja tidak ada lagi di marketplace. Lalu, 29 persen pelanggan memilih mungkin berbelanja di platform lain.

Dengan perilaku konsumen itu, pebisnis online yang hanya fokus di satu platform akan kesulitan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk itu, pebisnis online perlu mengoptimalkan keberadaan bisnisnya di berbagai platform seperti, memanfaatkan media sosial, website, hingga aplikasi pesan instan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Pengusaha FnB bisa otomasikan reservasi lewat platform SleekFlow

Regional GM ASEAN SleekFlow Asnawi Jufrie menyatakan bahwa konsep omnichannel menjadi kunci sebuah bisnis memberikan pengalaman kepada konsumen secara konsisten. Seperti, konsumen bisa menemukan produk di website, bertanya lebih detail di WhatsApp, hingga akhirnya menciptakan transaksi.

"Tidak mungkin pelanggan berinteraksi dengan sebuah bisnis hanya melalui satu channel. Pendekatan omnichannel dapat menjadi solusi untuk menyediakan customer experience terbaik," kata Asnawi.

Untuk mendukung transformasi UMKM agar bisa memanfaatkan omnichannel dalam bisnisnya, SleekFlow sebagai platform social commerce menyediakan produk yang membantu pengalaman konsumen seperti, melakukan percakapan dengan konsumen via WhatsApp, SMS, Facebook, Instagram, live chat di website, dan berbagai aplikasi jejaring sosial serta aplikasi instan.

Baca juga: Mendag bedakan izin penjualan di e-commerce dan social commerce

Baca juga: Kemenkominfo kaji fenomena "social commerce"

Baca juga: Menkominfo: Perlu koordinasi antar sektor atasi medsos jadi e-commerce

 

Pewarta: Suryanto
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023