Saya mendorong NU mengembangkan dakwah digital agar generasi muda kita bisa mencontohkan konten-konten sesuai kaidah agama Islam
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, mendorong organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) mengembangkan metode dakwah digital sebagai upaya membangun karakteristik masyarakat sejak usia muda.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pengembangan dakwah berbasis digital bertujuan agar generasi muda tidak kehilangan jati diri, sekaligus mampu mengimplementasikan kaidah-kaidah agama Islam dengan benar.

"Saya mendorong NU mengembangkan dakwah digital agar generasi muda kita bisa mencontohkan konten-konten sesuai kaidah agama Islam," katanya di Cikarang, Minggu.

Dia menjelaskan pengembangan dakwah digital sejalan dengan tema musyawarah kerja cabang II PCNU Kabupaten Bekasi 2023, "Membangun Karakteristik Masyarakat Bekasi Menuju Kepemimpinan yang Berani dan Berada."

"NU ini kan berorientasi pada dakwah, melalui dakwah lah diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," katanya.

Pemerintah daerah (pemda), kata dia, juga tengah berupaya mencetak dai dan ulama-ulama muda yang melek teknologi melalui pendidikan kader ulama bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

Baca juga: Wapres dorong NU tingkatkan literasi digital dalam berdakwah

Selama masa pendidikan, lanjutnya, puluhan dai dan ulama muda dibekali kemampuan berdakwah melalui platform digital serta cara menyiapkan materi dakwah yang menarik, mudah dipahami serta diimplementasikan dengan tidak melupakan teori-teori dakwah Islam.

Menurut dia, keterbukaan informasi berkat teknologi belum bisa dioptimalkan sebagai garda terdepan dalam membentengi umat dari hasutan, provokasi, dan kesesatan. Kehadiran dai dan ulama yang mengerti penggunaan teknologi dipercaya mampu mengatasi persoalan tersebut.

Dani juga meminta NU terus melanjutkan program pembangunan sekolah dengan sarana dan prasarana memadai sehingga mampu mencetak generasi emas baru baik di sekolah swasta, negeri, maupun pesantren.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Bekasi Atok Romli mengatakan pondok-pondok pesantren yang dibangun NU diharapkan bisa melahirkan santri-santri milenial untuk mampu membuat inovasi program, guna mencetak prestasi di Kabupaten Bekasi.

"Kami juga berharap dorongan dari Pak Penjabat Bupati Bekasi ini memberikan semangat para santri dalam membuat inovasi program dan meraih berbagai prestasi di kemudian hari," kata dia.

Baca juga: Saatnya NU merawat jamaah untuk abad kedua
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023