Kegiatan Project Based Learning bersama UPI Bandung ini merupakan bagian dari agenda pengembangan City Branding di Kabupaten Bekasi,
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggandeng Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mengembangkan konsep 'City Branding' sebagai upaya memajukan sektor pariwisata serta usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Kegiatan Project Based Learning bersama UPI Bandung ini merupakan bagian dari agenda pengembangan City Branding di Kabupaten Bekasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama antara Pemkab Bekasi dengan UPI Bandung yang sudah disepakati sebelumnya dalam bentuk pengembangan industri pariwisata serta UMKM melalui pencitraan wilayah.

"Dalam beberapa bulan ke depan, Tim UPI Bandung akan bekerja membantu Pemkab Bekasi dalam mengembangkan inovasi, seperti redesain atau rebranding UMKM dan program pariwisata di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Baca juga: Menteri Trenggono ingatkan pariwisata tak abaikan kelestarian ekologi

Dani berharap Project Based Learning ini dapat membangun citra visual Kabupaten Bekasi karena setiap kabupaten dan kota berkembang pasti memiliki ciri khas tersendiri sehingga masyarakat dari luar daerah tertarik dan mudah untuk mengingat kota tersebut.

"City branding merupakan suatu cara atau strategi yang dijalankan suatu kota tertentu untuk mempromosikan dan memasarkan daerahnya kepada publik, untuk mencapai keunggulan kompetitif," katanya.

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Pendidikan Seni dan Desain pada UPI Bandung Arif Djauhari mengatakan pihaknya mempunyai program gerakan peduli UMKM dan pariwisata yang sudah dilakukan di beberapa kota dan kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

"Kami lihat di Kabupaten Bekasi sangat membutuhkan identitas atau citra visual yang bisa memberikan atau menguatkan karakteristik, karakter budaya. Jadi sesuai dengan visi Pak Pj (Penjabat) Bupati Bekasi, kita membantu dalam proses, perancangan branding, baik untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi maupun dinas-dinas terkait," katanya.

Baca juga: Pemprov Sumut: Transaksi UMKM di F1 Powerboat capai Rp1 miliar

Ia menyatakan dalam kerja sama ini, UPI Bandung turut melibatkan 70  mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi para dosen di bidang animasi, gems, branding, ilustrasi, dan bidang desain web.

"Untuk tiga bulan ke depan, UPI akan merancang city branding dari Dinas Pariwisata serta Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024