... fokus mengatasi tantangan dan peluang yang kedua negara hadapi... "
Washington (ANTARA News) - Dialog Strategi dan Ekonomi Amerika Serikat-China berikut akan diselenggarakan di Washington, pada 8-12 Juli. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, dan Menteri Keuangan negara itu, Jacob Lew, akan hadir dalam dialog bersama dengan rekan-rekan China mereka.

"Dialog akan fokus mengatasi tantangan dan peluang yang kedua negara hadapi pada berbagai bidang bilateral, regional dan global berkaitan kepentingan ekonomi dan strategis jangka pendek dan jangka panjang," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Sabtu.

Sengketa mata uang China diperkirakan menjadi agenda utama, setelah Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan pada Jumat, yuan tetap di bawah harga secara signifikan.

Pertemuan tingkat tinggi tahunan yang bertujuan menyelesaikan sengketa antara dua ekonomi terbesar dunia itu dimulai pada 2006 di bawah Presiden Amerika Serikat (saat itu), George W Bush, ketika mereka mengacu sebagai Dialog Strategi Ekonomi Amerika Serikat-China.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada 2009 memperluas lingkup pertemuan, dan mengubah nama mereka menjadi "Dialog Ekonomi dan Strategis Amerika Serikat-China."

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013