Kami sangat senang sekali Siberkreasi bekerjasama dengan gerakan Pramuka sebagai bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengajak para anggota Pramuka di Indonesia, khususnya generasi muda, untuk mengambil bagian dalam Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) guna meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

Hal itu dikarenakan para anggota Pramuka memiliki nilai-nilai yang baik dan dapat ambil bagian kesuksesan program penciptaan talenta digital mendukung transformasi digital nasional.

"Pramuka itu di mana pun selalu cakap, welas asih, pemberani, solider. Itu ciri khas rekan-rekan Pramuka. Dalam hal ini pramuka salah satu pilar teknologi bagi generasi muda,” kata Nezar dalam pernyataan pers, Senin.

Baca juga: Literasi digital terus digiatkan cegah korban judi online bertambah

Ajakan itu disampaikan Nezar bertepatan dengan pelaksanaan mengatakan hal tersebut dalam acara pertemuan para Pramuka Penegak dan Pandega secara nasional (Raimuna Nasional) 2023.

Ia mengatakan saat ini Indonesia tengah berada dalam disrupsi digital yang telah mengubah berbagai macam sisi kehidupan dan lanskap masyarakat berkomunikasi.

Dengan disrupsi digital yang begitu cepat, tidak semua masyarakat bisa dengan segera adaptif memahami dan melek teknologi menghadapi perubahan tersebut.

Untuk itu, Nezar mengatakan Pemerintah menilai penting membekali pengetahuan tentang digital kepada masyarakat sehingga mereka tidak menjadi korban dari dampak negatif perkembangan serta perubahan yang terjadi akibat masifnya informasi di internet.

Salah satu program yang rutin diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat terkait teknologi digital ialah GNLD yang dikerjakan bersama Siberkreasi.

Ia mengaku senang saat Siberkreasi juga menggandeng Pramuka di Indonesia yang mengusung nilai-nilai positif dalam kehidupan dan berpotensi meningkatkan minat masyarakat terhadap program-program literasi digital.

Tak lupa ia mengapresiasi langkah tersebut agar para anggota Pramuka bisa semakin semangat dalam menyebarkan informasi kecakapan digital yang tentunya dapat meningkatkan kapasitas masyarakat di bidang digital yang dilayani para anggota pramuka tersebut.

"Kami sangat senang sekali Siberkreasi bekerjasama dengan gerakan Pramuka sebagai bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital. Saya berterimakasih kepada komunitas yang tergabung dalam siberkreasi, terdiri dari 141 komunitas yang mencoba mengajak semua komunitas masyarakat untuk bisa menggunakan internet dengan lebih sehat,” tutup Nezar.

Baca juga: Kominfo pastikan beri dukungan UMKM tingkatkan literasi digital

Baca juga: Nezar ajak generasi muda tumbuhkan nasionalisme lewat literasi digital

Baca juga: Pakar: Ujaran kebencian-hoaks disebabkan kurangnya literasi digital
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023