Solo (ANTARA) -
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengakui tidak ada kendala selama menjadi pemimpin muda meski banyak pihak yang meragukan.

"Nggak ada kendala," katanya di Solo, Jawa Tengah, Senin.
 
Ia mengatakan saat ini banyak daerah maupun partai politik yang memberikan ruang bagi anak muda. Oleh karena itu, ia mengaku sejauh ini tidak ada kendala yang berarti selama memimpin Kota Solo.

Terkait hal itu, ia menilai keberadaan anak muda di dunia politik cukup penting. Apalagi, saat ini banyak dari mereka yang memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan.
 
"Sekarang kan mereka concern sekali, banyaklah (di banyak bidang). Termasuk olahraga," katanya.
 
Meski demikian, dikatakannya, kepala daerah tidak harus diisi oleh pemimpin muda. Pemimpin bisa datang dari usia berapapun selama memahami perkembangan zaman.
 
"Yang penting ngerti tantangan zaman dan kebutuhan-kebutuhan yang ada sekarang, untuk milenial, Gen Z, dan lain-lain," katanya.

Sementara itu, saat ini nama Gibran digadang-gadang maju sebagai calon wakil presiden. Terkait hal itu, ia mengaku tidak pernah mengajukan diri maupun menawarkan diri ke pihak manapun.
 
"Saya tidak pernah mengajukan diri atau menawarkan diri, saya kan nggak pernah seperti itu. Orang-orang aja yang ribut," katanya.

Baca juga: Gibran tanggapi hasil positif survei LSI

Baca juga: Pakar: Erick Thohir jadi cawapres Prabowo jika MK tolak gugatan usia

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023