Untuk itu ANBK yang dilakukan sangatlah penting untuk mengetahui mutu sekolah maupun peserta didik di Kabupaten Nduga
Jayapura (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Kenyam.

"Untuk itu ANBK yang dilakukan sangatlah penting untuk mengetahui mutu sekolah maupun peserta didik di Kabupaten Nduga,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nduga, Namia Gwijangge dalam taklimat media yang diterima di Jayapura, Senin.

Ia mengatakan ANBK dilakukan sebagai upaya untuk penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang sekolah dasar dan menengah.

Pihaknya berpesan kepada anak didik yang mengikuti ANBK agar bersungguh-sungguh saat mengikuti tes tersebut.

“Tes berbasis komputer ini sangat penting sekali, kalian harus bersungguh sungguh karena jaman sekarang semuanya serba komputer untuk menjadi orang yang sukses” ujarnya.

Namia Gwijangge menjelaskan memang saat ini SMA Negeri 1 Kenyam memiliki keterbatasan, khususnya pada komputer. Namun pihaknya akan melakukan pengadaan komputer guna menunjang program pembelajaran.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Program Disdik Kabupaten Nduga, Ledy Buyung Welli mengatakan tujuan ANBK adalah mengembalikan tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Dengan adanya asesmen nasional ini, kata dia, diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

“Pelaksanaan ANBK kali ini dilakukan semi online mengingat masih ada beberapa kendala yang menjadi tugas bersama nantinya,” katanya.

Pihaknya berharap dengan melaksanakan ANBK ini maka mutu pendidikan di Kabupaten Nduga semakin baik dengan begitu dapat mewujudkan anak-anak Papua yang berprestasi, demikian Ledy Buyung Welli.

Baca juga: Disdik Papua: tenaga pengajar di Nduga jangan takut

Baca juga: Terkendala internet-listrik, ANBK di Papua Barat dipastikan lancar

Baca juga: Mendikbud:Belum bisa terapkan digitalisasi sekolah di Nduga

Baca juga: 3.397 pelajar tidak sekolah akibat konflik Nduga


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023