Sektor teknologi memberi dorongan terbesar pada S&P 500 dan Nasdaq, sementara indeks semikonduktor terdongkrak 2,8 persen.
New York (ANTARA) - Indeks-indeks utama Wall Street beragam pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), dengan Nasdaq reli lebih dari satu persen dan S&P 500 juga naik, setelah saham Nvidia melonjak karena investor optimistis menjelang laporan pendapatannya minggu ini, dan saham terkait teknologi lainnya menguat.

Indeks Dow Jones Industrial Average tergelincir 36,97 poin atau 0,11 persen, menjadi menetap di 34.463,69 poin. Indeks S&P 500 terangkat 30,06 poin atau 0,69 persen, menjadi berakhir di 4.399,77 poin. Indeks Komposit Nasdaq bertambah 206,81 poin atau 1,56 persen, menjadi ditutup pada 13.497,59 poin.

Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun mencapai tertinggi yang terakhir terlihat selama Krisis Keuangan Hebat pada 2007 karena investor melihat dengan hati-hati ke arah pertemuan bank-bank sentral pada Kamis (24/8/2023) di Jackson Hole di Wyoming. Ketua Federal Reserve Jerome Powell akan berbicara pada Jumat (25/8/2023).

Baca juga: Wall Street beragam, indeks S&P 500 berakhir hampir datar

Sektor teknologi memberi dorongan terbesar pada S&P 500 dan Nasdaq, sementara indeks semikonduktor terdongkrak 2,8 persen.

Nvidia melonjak 8,5 persen, memimpin kenaikan di antara saham-saham semikonduktor, karena HSBC menaikkan target harga sahamnya menjadi 780 dolar AS, tertinggi kedua di Wall Street.

Nvidia, salah satu pencetak keuntungan terbesar dalam reli saham teknologi kecerdasan buatan (AI) tahun ini, diproyeksikan akan memperkirakan pendapatan triwulanan di atas perkiraan para analis ketika dilaporkan pada Rabu (23/8/2023). Saham Nvidia naik lebih dari 220 persen sejauh tahun ini, sedangkan Nasdaq melonjak 29 persen.

"Nvidia dianggap sebagai merek AI," kata Quincy Krosby, kepala strategi global di LPL Financial di Charlotte, North Carolina. "Target mereka telah terangkat secara dramatis, jadi pertanyaannya adalah, dapatkah mereka mewujudkannya... Katalisator yang datang dari Nvidia akan sangat membantu."

Baca juga: Saham Inggris rugi hari ke-7, indeks FTSE 100 menyusut 0,06 persen

Pada saat yang sama, katanya, investor sangat ingin mendengar komentar Powell di Jackson Hole. Kekhawatiran Fed akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama telah mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS, dan memicu kekhawatiran tentang dampak suku bunga yang lebih tinggi terhadap bisnis dan konsumen.

Di antara penurunan di Dow, saham Johnson & Johnson jatuh 3,0 persen setelah konglomerat layanan kesehatan tersebut mengatakan akan mempertahankan kepemilikannya sekitar 9,5 persen di unit kesehatan konsumen yang baru dipisahkan, Kenvue.

Saham Goldman Sachs Group turun 0,9 persen setelah bank mengatakan sedang mempertimbangkan penjualan bagian dari bisnis kekayaannya.

Juga di bidang teknologi, Palo Alto Networks melonjak 14,8 persen setelah perusahaan keamanan siber itu meredakan kekhawatiran tentang rilis hasil Jumat (18/8/2023) malam dengan kuartal yang kuat dan perkiraan tagihan tahunan di atas ekspektasi.

Baca juga: Saham Jerman ditutup di zona hijau, indeks DAX 40 terkerek 0,19 persen

Sementara itu, VMware melonjak 4,9 persen setelah regulator persaingan Inggris menyetujui pembelian perusahaan cloud computing itu oleh Broadcom. Saham Broadcom terangkat 4,8 persen.

Volume transaksi di bursa AS mencapai 9,75 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,99 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023