Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan revitalisasi Taman Tangkuban Perahu, Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, untuk menambah penghijauan di Ibu Kota.
 
"Harapannya Taman Tangkuban Perahu ini dapat semakin hijau dan tertata ke depannya," kata Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Munjirin mengimbau masyarakat agar tetap bersama-sama menjaga dan merawat kebersihan serta ketertiban taman.
 
Dia juga mengapresiasi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Kecamatan Setiabudi, Kelurahan Guntur serta Lions Club Indonesia yang berpartisipasi dalam revitalisasi Taman Tangkuban Perahu.

Baca juga: DKI tambah 23 taman baru untuk perbaiki kualitas udara
 
Taman seluas 6.000 meter persegi (m2) ini sekarang telah rapi dan bisa menarik pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan di Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 
"Sangat cepat revitalisasi ini, padahal baru tanggal 23 Juni 2023 kita lakukan penanaman pohon sekaligus peletakan batu pertama di sini," ujarnya.
 
Revitalisasi Taman Tangkuban Perahu sebagai bentuk sinergi dalam mendukung adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yang berkelanjutan.
 
Sekaligus juga sebagai salah satu bentuk implementasi kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tertuang dalam Surat Edaran Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 59/SE/2022 tentang Penanaman Pohon Dalam Rangka Antisipasi Hujan.
 
Gubernur Distrik 307-B1 Lions Indonesia,
Erijanto Djajasudarma menambahkan, revitalisasi ini meliputi pembuatan pos jaga, perbaikan lapangan basket dan lapangan futsal, "jogging track", alat senam serta fasilitas bermain anak.
 
"Diharapkan revitalisasi ini bermanfaat bagi warga Jakarta Selatan terutama warga sekitar taman ini," katanya.

Baca juga: Satpol PP DKI Jakarta komitmen jaga keamanan taman dan hutan kota
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan Taman ASEAN sebagai komitmen kepada delegasi Forum Wali Kota dan Gubernur ASEAN untuk mengurangi emisi karbon di Ibu Kota negara-negara anggota.
 
"Jadi, kami dari seluruh Ibu Kota anggota ASEAN sepakat untuk menurunkan emisi karbon. Lalu, kami sepakat untuk menghijaukan kota masing-masing," katanya di Jalan Pattimura dan Jalan Raden Fatah, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kemudian menjaga pembangunan kota menggunakan konsep "green building"(bangunan ramah lingkungan) hingga menjadi "green city" (kota ramah lingkungan)," kata Heru.

 Peresmian Taman ASEAN ini merupakan rangkaian pertemuan Gubernur dan Wali Kota ASEAN melalui ajang Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023