Jakarta (ANTARA) - Pada Senin (21/8) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Tenaga Atom Internasional berkolaborasi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berusaha mengatasi polusi udara dengan menerapkan teknologi modifikasi cuaca.

Selain itu, ada warta mengenai pelindungan keanekaragaman hayati, pembayaran klaim penanganan pasien COVID-19, dan gelombang tinggi yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

BRIN dan IAEA bahas upaya peningkatan kapasitas SDM

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengadakan pertemuan untuk membahas peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pelaksanaan Tes Tidak Merusak (Non-Destructive Test/NDT) dalam aplikasi teknologi nuklir.

BNPB upayakan TMC untuk atasi polusi udara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengatasi polusi udara di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Operasi TMC telah dilakukan selama tiga hari dari 19 sampai 21 Agustus 2023.

Rumah sakit bisa ajukan klaim penanganan pasien COVID-19 sebelum 1 September

Kepala Biro Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Indah Febrianti mengatakan bahwa rumah sakit bisa mengajukan klaim pembayaran biaya penanganan pasien COVID-19 sebelum 1 September 2023 sesuai ketentuan mengenai pencabutan status kedaruratan kesehatan akibat pandemi.

KLHK berupaya menjaga keanekaragaman hayati

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan bahwa pengidentifikasian spesies flora dan fauna merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia. Selain itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan bahwa pemerintah juga melakukan pengelolaan hutan secara berkelanjutan guna mencegah dampak perubahan iklim terhadap keanekaragaman hayati.

Masyarakat pesisir diimbau waspada gelombang tinggi hingga empat meter

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengimbau masyarakat pesisir mewaspadai potensi gelombang setinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan Indonesia selama 21-22 Agustus 2023.
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023