Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas Pertamina, menerima penghargaan Gold Champion in Corporate Social Responsibility Program pada kategori Environmental Element dalam penganugerahan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2023 karena memberdayakan masyarakat Desa Pagardewa, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Corporate Secretary PGN, Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan pada tahun ini, PGN mengangkat topik mengenai lingkungan, khususnya pengolahan air bersih di desa binaan PGN, Desa Karet Berdaya (Desa Kaya) Pagardewa.

Menurut dia, Program Inovasi Desa Kaya Pagardewa merupakan program pengelolaan lingkungan karet pertama dan satu-satunya pada klaster perusahaan migas distribusi.

Selain program pengelolaan air bersih, PGN juga mengangkat inovasi-inovasi seperti peningkatan pendapatan warga dengan sasaran program bank sampah Pagardewa, koperasi tani Padetra Artomulyo, koperasi simpan pinjam Padetra Berkah, serta pengelolaan embung.

Dampak dari program inovasi sosial untuk penerima manfaat antara lain tersedianya sumber air satu-satunya di Kecamatan Lubai Ulu sebesar 22.500 m3, terlindunginya kebun karet di Desa Pagardewa seluas 4.480 ha, dan peningkatan pendapatan warga desa.

"Pengelolaan air bersih di Desa Kaya Pagardewa memberikan dampak langsung kepada masyarakat antara lain sebagai mitigasi risiko dalam penanganan karhutla. Selain itu, juga pemenuhan cadangan air bersih masyarakat Desa Kaya Pagardewa," ujarnya.

Anugerah BISRA 2023 juga menjadi wujud apresiasi kepada perusahaan yang mengikuti tahapan-tahapan proses penjurian yang komprehensif dari registrasi, pengisian kuesioner, penyampaian data dan bukti relevan, hingga presentasi di hadapan Dewan Juri BISRA 2023 dari April hingga Agustus 2023.

"Apresiasi dari Anugerah BISRA 2023 ini menjadi bukti atas komitmen PGN yang terus konsisten menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui program-program prioritas perusahaan khususnya di wilayah ring I perusahaan, serta program-program lainnya bagi seluruh penerima manfaat PGN," sebut Rachmat.


Baca juga: Semester I 2023, PGN berhasil tekan emisi 237 ton CO2
Baca juga: PGN gelar Program Bajaj Gas Kemerdekaan ajak warga tekan emisi karbon

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023