Moskow (ANTARA) - Pesawat tempur Rusia menghancurkan sebuah kapal pengintai Ukraina di sebuah area di Laut Hitam di mana fasilitas ekstraksi gas Rusia berada, demikian menurut Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa.

Kementerian tersebut menyatakan melalui pernyataan singkat bahwa kapal Ukraina itu telah dihancurkan oleh sebuah pesawat SU-30 dari Armada Laut Hitam Rusia.

Belum ada komentar dari Ukraina, yang jarang mengungkap operasinya di dalam wilayah Rusia atau daerah yang dikuasai Rusia, tetapi Moskow menuding Ukraina telah meningkatkan serangannya terhadap kepentingan Rusia dengan menggunakan drone laut tidak berawak.

Para pejabat yang didukung Rusia di Krimea, yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014, mengatakan pada Juni tahun lalu bahwa pasukan Ukraina telah menyerang anjungan pengeboran di Laut Hitam milik Chernomorneftegaz, sebuah perusahaan migas.

Sedikitnya tiga orang terluka dalam insiden tersebut dan pekerjaan di tiga platform pengeboran menjadi tertunda, kata para pejabat saat itu.

Rusia menyita Chernomorneftegaz dari operator gas nasional Ukraina Naftogaz sebagai bagian dari aneksasi Moskow tahun 2014. Perusahaan tersebut berada di bawah sanksi AS dan Uni Eropa.

Anjungan pengeboran tersebut terletak di lepas pantai selatan Laut Hitam Ukraina, 71 km dari pelabuhan Odesa, yang masih berada di bawah kendali pasukan Ukraina.

Sumber: Reuters
Baca juga: PBB khawatirkan serangan Rusia ke fasilitas pangan Ukraina
Baca juga: Rusia kerahkan jet tempur cegat pesawat nirawak AS di atas Laut Hitam
Baca juga: Kapal perang Rusia rusak dihantam drone laut Ukraina

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023