Pada 2023 menargetkan membangun 1.024 rumah dan sekarang sudah dibangun 681 rumah yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota
Temanggung (ANTARA) - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah melalui program "tuku lemah oleh omah" pada minggu kedua Agustus 2023 telah berhasil membangun 681 rumah bagi warga tidak mampu.

"Pada 2023 menargetkan membangun 1.024 rumah dan sekarang sudah dibangun 681 rumah yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah Arief Djarmiko di Temanggung, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut saat meninjau pembangunan rumah program "tuku lemah oleh omah" di Dusun Ngepoh, Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

Ia menyampaikan program Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ini sudah berlangsung sejak 2020. Program ini terbagi dalam tiga jenis kegiatan, yaitu relokasi karena program pemerintah, korban bencana, dan kekurangan rumah.

"Gubernur memberikan arahan agar memberikan bantuan sesuai dengan ketentuan, misalnya luasan minimal tipe 36, konstruksi harus bagus, ada air minum dan sanitasi," katanya.

Menurut dia, program ini kolaborasi antara provinsi, kabupaten, desa, dan masyarakat.

"Sejumlah warga Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat ini tinggal di tanah PT KAI, kemudian mereka membeli tanah secara komunal di Dusun Ngepoh ini dengan cara mengangsur. Saat ada program ini, tanah mereka sudah lunas," katanya.

Oleh karena itu, katanya tinggal masuk dari provinsi untuk menyalurkan anggaran. Kontribusi kabupaten adalah terkait perizinan.

“Desa berkontribusi dalam mengkondisikan masyarakat dalam proses membangun. Warga penerima di sini mendapatkan bantuan senilai Rp35 juta untuk bagunan ditransfer ke pokmas dan Rp1,8 juta untuk padat karya," katanya.

Seorang penerima program "tuku lemah oleh omah", Karsono mengaku senang mendapatkan bantuan ini.

Ia mengaku tinggal di atas tanah milik PT KAI sejak 2010, untuk membeli tanah tersebut dia mengangsur selama tiga tahun.

"Alhamdulillah waktu angsuran tanah lunas, ada bantuan ini," katanya.

Baca juga: Gubernur Jateng bantu perbaiki rumah veteran pada HUT RI

Baca juga: Jateng kurangi angka “backlog” rumah melalui berbagai program

Baca juga: Negara selesaikan pengadaan tanah rumah Jokowi di Colomandu Jateng

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023